Mengenal Kebun Raya Indrokilo, Kebanggaan Masyarakat Boyolali

Kompas.com - 11/05/2019, 04:06 WIB
Salah satu ikon Kebun Raya Indrokilo,Gerbang Pasingsingan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah satu ikon Kebun Raya Indrokilo,Gerbang Pasingsingan.

BOYOLALI, KOMPAS.com – Masyarakat Kabupaen Boyolali sudah selayaknya berbangga diri. Hal itu karena sekarang telah berdiri sebuah kebun raya seluas 8,9 hektar di wilayahnya.

Kebun Raya Indrokilo menjadi nama dari ikon baru Kota Susu (Julukan Boyolali) tersebut. Alamat Kebun Raya Indrokilo tepatnya ada di Desa Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah.

Baca juga: Serasa di Luar Negeri, Boyolali Kini Punya 3 Ikon Dunia

Jika ditempuh dari Kota Boyolali, jarak menuju Kebun Raya Indrokilo hanyalah sekitar 8 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 20 menit. Jarak dari Kota Surakarta juga cukup dekat, yakni kurang-lebih 25 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Jarak itu membuat kebun raya ini menjadi favorit kunjungan masyarakat Boyolali. Tak hanya itu, obyek wisata ini juga menjadi tujuan wisata masyarakat sekitar Boyolali seperti Surakarta, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, hingga Yogyakarta.

Primadona baru masyarakat Boyolali

Meski belum selesai 100 persen, Kebun Raya Indrokilo telah resmi dibuka. Peresmiannya dilakukan Hari Jumat (03/05/2019) lalu oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Enny Soedarmonowati dan Bupati Boyolali, Seno Samodro.

Tema Kebun Raya Indrokilo adalah Tumbuhan Hutan Hujan Dataran Rendah Jawa Bagian Timur. Nantinya kebun raya ini juga diharapkan mampu memberikan jasa lingkungan seperti konservasi air atau penghasil oksigen.

Taman Paku di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Taman Paku di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali.
Kebun Raya Indrokilo juga sudah bisa dikunjungi masyarakat umum. Walaupun masih ada cukup banyak pembangunan di sana, sudah ada beberapa spot yang sudah selesai dan bisa dikunjungi.

Tentu berfoto menjadi aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Kebun Raya Indrokilo ini. Ada beberapa titik yang instagramable untuk berfoto, meski masih banyak bagian kebun raya yang belum jadi.

Gerbang China hingga Air Terjun Niagara

Spot instagramable di Kebun Raya Indrokilo salah satunya ada di Gerbang Pasingsingan. Ini merupakan spot berbentuk gerbang khas china yang berada di tengah kebun raya. Keberadaannya begitu mencolok dan menarik digunakan sebagai latar belakang foto.

Menurut papan informasi, Gerbang Pasingsingan dengan lebar 25 meter dan tinggi 12 meter terinspirasi dari gerbang monumen Chiang Kai Shek Memorial Hall yang ada di Taipei.

Baca juga: Umbul Pengging, Pemandian Bernuansa Kerajaan di Boyolali

Selain Gerbang Pasingsingan, spot foto menarik lainnya adalah Air Terjun Niagara. Ini adalah air terjun buatan berupa air terjun besar yang bisa disebut sebagai miniatur Air Terjun Niagara di Amerika Serikat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X