Tak Hanya Afrika, Benua Eropa Juga Punya Gurun

Kompas.com - 06/03/2019, 21:09 WIB
Gurun Tabernas di Negara Spanyol. ShutterstockGurun Tabernas di Negara Spanyol.

KOMPAS.com – Jika membahas tentang gurun, kemungkinan besar pikiran akan tertuju ke Benua Afrika. Memang Benua Hitam (julukan Afrika) mememiliki banyak gurun, termasuk Sahara sebagai gurun terbesar di dunia.

Namun ternyata gurun juga ada di Benua Eropa. Jika selama ini Eropa dianggap sebagai benua tanpa gurun, maka anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa titik gersang di Eropa yang memenuhi syarat sebagai sebuah gurun.

Baca juga: 4 Obyek Wisata Alam yang Menawan di Eropa Timur

Salah satu gurun di Benua Biru (julukan Eropa) ada di Negara Spanyol. Terletak di bagian tenggara Spanyol, gurun ini bernama Desierto de Tabernas atau jika diartikan adalah Gurun Tabernas.

Gurun ini hanya berlokasi sekitar 32 kilometer di sebelah utara Kota Almeria. Meski Andalusia terkenal dengan arsitektur Moor dan pantainya yang cerah, bentang alam sangat berubah drastis di kawasan Gurun Tabernas.

Hal ini dikarenakan kawasan gurun diapit oleh dua rangkaian pergunungan. Udara basah dari Mediterania menjatuhkan seluruh kelembabannya di bukit-bukit itu. Sementara daerah bayangan hujan yang tidak mendapat jatah hujan berubah menjadi Gurun Tabernas yang gersang.

Tak hanya sekadar nama, Tabernas juga memiliki ciri khas sebuah gurun. Ketika musim panas, suhu udara bisa mencapai 47 derajat Celcius. Ketika musim kemarau, hujan yang turun kurang dari 76 milimeter.

Baca juga: Resto di Seminyak Ini Hadirkan Kuliner Bergaya Eropa dan Asia

Flora dan fauna yang ada di sini juga semakin memantapkan statusnya sebagai gurun. Ular dan kadal biasa ditemui di Gurun Tabernas. Sementara itu, tumbuhan khas gurun berupa kaktus juga bisa dijumpai di sini.

Sepotong Hollywood di Negeri Matador

Bentang alam Gurun Tabernas sekilas mirip dengan sebagian besar wilayah barat daya Amerika. Hal itu menjadikan gurun ini sebagai lokasi populer bagi para kru film. Tentu film-film yang dibuat di sini bertemakan koboi.

Syuting film koboi di Gurun Tabernas, Spanyol.Shutterstock Syuting film koboi di Gurun Tabernas, Spanyol.

Karena film koboi dibuat oleh orang Eropa, terutama Italia, maka film itu disebut juga sebagai spaghetti western. Hanya dengan menambah properti semacam kota barat tiruan, jadilah tempat ini sebagai latar belakang syuting dilm barat yang sempurna.

Properti itu tidak dibongkar usai proses syuting selesai. Kini properti film barat dijadikan sebagai taman bermain bertema Wild West. Wisatawan bisa menikmati pertarungan tembak-menembak ala barat di sini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X