Museum Seks Pertama dan Tertua di Dunia, Museum Venustempel Amsterdam

Kompas.com - 13/01/2020, 22:04 WIB
Salah satu instalasi seni, patung Venus, yang dapat dilihat ketika memasuki pintu utama Museum Venustempel, Amsterdam, Belanda. holland.comSalah satu instalasi seni, patung Venus, yang dapat dilihat ketika memasuki pintu utama Museum Venustempel, Amsterdam, Belanda.

KOMPAS.com Museum Venustempel atau Temple of Venus di  Amsterdam, Belanda, tercatat sebagai salah satu museum seks tertua di dunia dan pertama. 

Museum yang berlokasi di pusat Amsterdam ini mengajak wisatawan yang berkunjung untuk lebih mengenal tubuh mereka melalui berbagai macam instalasi seni erotis.

Tidak hanya pahatan, museum tiga tingkat tersebut juga memamerkan banyak sekali lukisan tubuh manusia, permainan seks, dan beberapa patung berukuran manusia. Bahkan, di sana juga terdapat patung selebriti Hollywood, Marilyn Monroe seukuran manusia.

Lewat instalasi seni  membuat wisatawan menjelajahi evolusi seksual manusia sepanjang abad dan belajar mengenai edukasi seks. 

Baca juga: Koleksi Permainan Seks Penuhi Museum Tiga Tingkat di Praha

Tak jarang wisatawan akan dibuat takjub oleh instalasi yang dipamerkan di Museum Venustempel. Sebab seksualitas pada beberapa abad lalu tergolong lebih terbuka dan lebih bebas dibanding zaman sekarang.

Dibuka pada tahun 1985, Museum Venustempel awalnya hanya memiliki beberapa barang erotis dari abad ke-19.

Meski begitu, barang-barang tersebut langsung menarik perhatian masyarakat. Bahkan museum tersebut memiliki lebih dari 500.000 pengunjung setiap tahunnya.

Seluruh koleksi seni yang terdapat di Museum Venustempel merupakan koleksi pribadi dari pemilik museum.

Koleksi seni tersebut dikelompokkan sesuai dengan tema berbeda setiap lantai. galeri dan lorong di museum juga dinamakan setelah beberapa figur terkenal dalam dunia erotisme.

Venustemple Museum, Amsterdam. Dok. Iamsterdam Venustemple Museum, Amsterdam.

Ketika kamu memasuki pintu utama di lantai dasar, kamu akan disambut oleh sebuah pahatan besar Venus. Kemudian, kamu bisa langsung tentukan pilihan untuk berkunjung ke Casanova Gallery, Marquis de Sade Hall, atau Fanny Hill Street.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X