Kompas.com - 19/01/2020, 09:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Arvin Gumilang menegaskan pelayanan pendaftaran paspor tetap lewat jalur online, bukan melalui WhatsApp.

Adapun fitur WhatsApp seperti dalam Sistem Informasi Gateway Paspor (SIGAP) memiliki fungsi sebagai sarana informasi permohonan paspor.

Baca juga: Cara Buat Paspor Elektronik Secara Online, Berikut Panduannya

"Istilahnya WhatsApp Gateway. Masing-masing kantor imigrasi pun beda nama dan nomor WhatsAppnya, perintahnya juga beda-beda. Misalnya cek paspor. Lalu muncul informasi permohonan paspor anda sudah sampai di tahap ini," kata Arvin kepada Kompas.com di Festival Keimigrasian 2020, Jakarta, Sabtu (18/1/2020).

Pelayanan informasi paspor melalui WhatsApp dapat digunakan untuk mengetahui persyaratan pendaftaran, progres layanan paspor, tata cara antrian pengambilan paspor, cara pembayaran, dan penyampaian apresiasi atau aspirasi.

Pengambilan paspor yang berguna bagi masyarakat untuk bepergian ke luar negeri.Ditjen Imigrasi Pengambilan paspor yang berguna bagi masyarakat untuk bepergian ke luar negeri.

Adapun cara-cara untuk mendapatkan informasi ini lewat SIGAP cukup mudah.

Arvin mencontohkan SIGAP Kantor Imigrasi Jakarta Pusat. Caranya, pemohon paspor cukup mengirimkan pesan teks ke nomor SIGAP Kantor Imigrasi Jakarta Pusat di 08118539333.

Kemudian akan muncul balasan WhatsApp berupa instruksi yang mesti diikuti pemohon untuk memperoleh informasi yang diinginkan sesuai jenis layanan.

Baca juga: Tata Cara Pembuatan atau Perpanjang Paspor di Festival Keimigrasian 2020

Jenis layanan yang tersedia seperti tertera di SIGAP yaitu:
1. Nomor permohonan paspor anda (masukkan 16 digit nomor untuk mengetahui progres layanan paspor Anda)
2. #bayar untuk mengetahui cara pembayaran PNBP
3. #persyaratan untuk mengetahui persyaratan permohonan paspor
4. #pengambilan untuk mengetahui tata cara antrian pengambilan paspor
5. Untuk penyampaian apresiasi atau aspirasi Anda kepada kami silahkan kirim pesan yang dimulai dengan #Jakpus, kirim ke nomor WhatsApp ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.