Suvenir Tas Aceh Makin Mudah Dibeli, Kini Tersedia di Minimarket

Kompas.com - 19/01/2020, 10:03 WIB
Tas suvenir khas Aceh KOMPAS.com/MASRIADITas suvenir khas Aceh

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Souvenir tas Aceh kini semakin mudah dibeli. Biasanya, tas Aceh hanya dijual di toko-toko suvenir.

Namun saat ini, tas motif Aceh itu juga tersedia di sejumlah minimarket di Kota Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam.

Baca juga: Sehari Berburu Oleh-oleh di Pidie Aceh

Kepala Desa Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Teuku Salahuddin AB, Sabtu (18/1/2020) menyebutkan, pengrajin di desa telah bekerja sama dengan sejumlah minimarket untuk memasarkan kerajinan khas Aceh tersebut.

Dia menyebutkan, desa yang puluhan tahun menjadi sentra pengrajin tas Aceh itu juga mulai memasarkan lewat media sosial.

Sehingga, jangkauan pasar semakin luas. Pada akhirnya, Salahuddin berharap suvenir Aceh bisa mendunia dan semakin dikenal masyarakat Indonesia.

“Saya sendiri mempromosikan lewat berbagai cara. Agar penjualan semakin laris dan semakin mendekatkan produk ke masyarakat. Jadi tak perlu jauh-jauh ke sentra pengrajin, bisa beli di minimarket,” katanya.

Salah seorang pekerja minimarket di Lhokseumawe, Fitri, menyebutkan harga jual tas Aceh bervariasi tergantung ukuran dan jenisnya.

Tas Aceh di salah satu minimarket Kota Lhokseumawe, Jumat (17/1/2020) malamKOMPAS.com/MASRIADI Tas Aceh di salah satu minimarket Kota Lhokseumawe, Jumat (17/1/2020) malam

Tas Aceh yang tersedia di minimarket itu sangat lengkap, mulai tas tangan wanita, ransel, dompet, hingga tas laptop.

“Mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 500.000 harga jualnya. Sangat tergantung ukuran dan modelnya,” sebut Fitri.

Dia mulai menjual tas Aceh itu sejak dua bulan terakhir. Biasanya tas Aceh dibeli untuk oleh-oleh pendatang ke kota itu.

“Sekarang mahasiswa juga banyak yang beli tas, buat digunakan sehari-hari ke kampus. Jadi ada perubahan tren, bukan sekadar oleh-oleh lagi, mulai dipakek untuk sehari-hari,” pungakasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X