Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Kembali Dibuka 22 Januari 2020

Kompas.com - 21/01/2020, 07:08 WIB
Kawah utama Gunung Sindoro. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAKawah utama Gunung Sindoro.


JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung akan dibuka kembali pada Rabu (22/1/2020). Sebelumnya, jalur pendakian ini ditutup sejak Senin (6/1/2020) karena kondisi cuaca buruk.

"Dikarenakan cuaca sudah membaik, maka pendakian sudah bisa dilaksanakan, dan jalur Kledung sendiri sudah dibuka mulai tanggal 22 Januari 2020," kata Pembina Basecamp Gabungan Remaja Anak Sindoro (Grasindo) via Kledung, Basori Setiyawan, ketika dihubungi Kompas.com, Senin (20/1/2020).

Basori menambahkan, selama penutupan gunung telah dilakukan pembersihan jalur pendakian dan pembenahan terhadap sampah-sampah yang ada.

Baca juga: 11 Aturan yang Mesti Kamu Patuhi kalau Ingin Mendaki Gunung Sindoro

Grasindo dalam akun Instagramnya menyarankan agar para pendaki tetap mengutamakan persiapan yang matang dengan kelengkapan keamanan sebelum melakukan pendakian.

Pada 6 Januari 2020 lalu, Gunung Sindoro sempat dikabarkan menutup jalur pendakian via Kledung karena cuaca buruk yang berpotensi membahayakan pendaki.

Selain itu, penutupan juga dimaksudkan untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian dalam upaya menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa serta ekosistem.

Gunung Sindoro setinggi setinggi 3.136 meter di atar permukaan laut memiliki beberapa jalur pendakian. Selain via Kledung juga ada jalur pendakian via Kebun Teh Tambi, Sigedang. 

Baca juga: 8 Tips Mendaki Gunung Sindoro via Kebun Teh Tambi Wonosobo

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X