Restoran Bintang Tiga Michelin Tertua di Dunia, Kehilangan Satu Bintangnya

Kompas.com - 26/01/2020, 07:06 WIB
Ruang makan yang berada di Restoran Auberge du Pont de Collonges, atau yang lebih dikenal sebagai Bocuse Restaurant. bocuse.frRuang makan yang berada di Restoran Auberge du Pont de Collonges, atau yang lebih dikenal sebagai Bocuse Restaurant.

KOMPAS.com - Sebuah restoran dekat Lyon di tenggara Perancis, baru saja kehilangan tiga bintang Michelin.

Restoran bernama Auberge du Pont de Collonges itu sebelumnya merupakan restoran tertua yang memiliki tiga bintang Michelin.

Baca juga: Terlalu Eksklusif, Restoran Sushi Jiro Dikeluarkan dari Daftar Bintang Michelin

Restoran ini mendapat predikat tiga bintang Michelin pada tahun 1965. Pemiliknya adalah seorang chef legendaris bernama Paul Bocuse yang meninggal dua tahun lalu.

Paul Bocuse, akrab disapa Monsieur Paul, meninggal pada 20 Januari 2018 karena penyakit Parkinson. Menyandang julukan “Paus dari masakan Perancis”, dia merupakan salah satu orang yang paling terkenal sepanjang masa di Perancis.

Tak ayal, penarikan tiga bintang Michelin dari restoran itu, memicu kemarahan dari beberapa teman dan kerabat mendiang Paul Bocuse. Sebab, predikat tiga bintang itu sebelumnya tidak pernah berubah.

Melansir The Local, Michelin Guide mengatakan kepada AFP pada Jumat (17/1/2020) bahwa restoran itu sebenarnya masih sempurna. Namun, restoran itu sudah tidak berada di posisi bintang tiga.

Jadi, restoran tersebut turun dari bintang tiga menjadi bintang dua. Kabar ini diberitahu langsung oleh Direktur Internal Michelin Gwendal Poullennec yang mengunjungi restoran tersebut pada Kamis (16/1/2020).

Hal ini berarti Auberge du Pont de Collonges akan masuk dalam predikat bintang dua pada buku Michelin Guide edisi 2020,

Mendengar kabar tersebut, organisasi Bocuse d’Or merespon bahwa mereka merasa sedih dan akan terus memberi dukungan terhadap Auberge du Pont de Collonges.

Bocuse d’Or adalah sebuah organisasi yang selalu mengadakan kompetisi masak internasional setiap tahun. Kompetisi tersebut dicetuskan oleh chef Paul Bocuse.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X