Kompas.com - 27/01/2020, 11:00 WIB

ACEH TENGAH, KOMPAS.com - Aceh Tengah menyimpan sejumlah tempat wisata menarik dengan pemandangan menggoda, salah satunya Air Terjun Mengaya.

Meskipun letaknya di balik perbukitan, Air Terjun Mengaya tak akan mengecewakan siapapun yang datang. Saat perjalanan ke sana, misalnya, wisatawan akan ditemani udara sejuk dan pepohonan menjulang tinggi membelah langit.

Ditambah lagi, wisatawan akan melewati hutan pinus, hamparan sawah dan kebun kopi. Mendekati air terjun, suara gemercik dan gemuruh air mengalir yang jatuh membuat siapapun penasaran wisatawan.

Baca juga: Air Terjun Lembah Anai, Tempat Wisata Sumatera Barat Penghilang Lelah

Air Terjun Mengaya, Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, NAD.KOMPAS.com/MASRIADI Air Terjun Mengaya, Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, NAD.
Saat tiba di lokasi, wisatawan akan disambut suara burung dan kesejukan udara dataran tinggi. Terlihat pula deburan air terjun menghempas bebatuan di bawahnya. 

Semua itu berada di balik bukit Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah.  terlihat sepanjang jalan menuju lokasi Air Terjun Mengaya. Salah satu air terjun paling fenomenal di Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Ketinggian air terjun ini sekitar 100 meter. Di bawahnya lajur-lajur air dengan lantai bebatuan menjadi tempat mandi bagi mereka yang ingin berendam.

Baca juga: Curug Bajing di Pekalongan, Air Terjun dari Legenda Para Bajingan

Tersedia pula tangga yang telah disusun untuk memudahkan wisatawan. Aneka bunga yang ditanam membuat lokasi ini semakin indah. Kamu bisa bermain air sepuasnya di Air Terjun Mengaya.

Salah seorang wisatawan, Desta, mengaku datang ke air terjun bersama rombongan kantor, Minggu (25/1/2020). Selain menikmati pemandangan dan berendam, air terjun ini juga jadi sasaran lataran foto.

"Lokasi ini menjadi obyek foto yang instagramable," sebut Desta.

Baca juga: Pelesir ke Bajawa Flores, Jangan Lewatkan Air Terjun Ogi 

Wisatawan di Air Terjun Mengaya, Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh TengahKOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan di Air Terjun Mengaya, Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah
Ia memberikan tips saat datang ke Air Terjun Mengaya, salah satunya membawa makanan sendiri. Pasalnya, belum ada warung yang menyediakan makanan di kawasan ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.