Naik Bus Tingkat Wisata ke Glodok, Ini 4 Pilihan Kulinernya

Kompas.com - 30/01/2020, 09:17 WIB
Sumsum sapi, hanya diberi jika konsumen meminta di Soto Betawi Afung. KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARISumsum sapi, hanya diberi jika konsumen meminta di Soto Betawi Afung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Glodok adalah salah satu kawasan tua Jakarta yang sohor, baik karena etnis Tionghoa, aktivitas jual-beli elektronik hingga kuliner.

Khusus kuliner, kawasan ini tak pernah ada habisnya punya pilihan makanan dan minuman menggoda lidah.

Kompas.com berkunjung ke kawasan ini dengan menumpang bus tingkat wisata gratis yang disediakan Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Itinerary 1 Hari Naik Bus Tingkat Wisata Rute History of Jakarta

Bus tingkat wisata rute Glodok dinamai History of Jakarta atau biasa disebut Bus Wisata 1. Rutenya adalah Juanda-Monas-Balai Kota-Museum Nasional-Gedung Arsip-Museum Bank Indonesia-BNI 46-Pasar Baru-Juanda.

Kamu bisa turun di Museum Bank Indonesia untuk berjalan sedikit ke kawasan Glodok. Di kawasan pecinan itu, kamu bisa menemukan kuliner-kuliner lezat.

Berikut rangkuman Kompas.com soal kuliner enak yang bisa kamu cicip saat bertandang ke Glodok naik bus tingkat wisata.

1. Soto Betawi Afung

Soto Betawi Afung di Gang Gloria, Glodok, Pancoran, Jakarta Barat, berisi daging sapi, tomat, dan kentang. KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Soto Betawi Afung di Gang Gloria, Glodok, Pancoran, Jakarta Barat, berisi daging sapi, tomat, dan kentang.
Di kawasan Gang Gloria, terdapat soto Betawi yang bernama Afung. Terdapat berbagai pilihan macam soto: daging sapi, ayam kampung, dan isian campur.

Soto dengan pilihan campur ini terdapat berbagai macam isian, seperti kikil, daging, urat, paru dan babat.

Baca juga: Ini Tips Rahasia di Soto Betawi Afung

Kedai Soto yang sudah berdiri dari tahun 1982 ini menyajikan kuah soto yang memiliki cita rasa gurih, creamy dan kental. Karena kuah dibuat dari campuran susu dan rebusan tulang sum-sum sapi, maka warnanya tampak putih kekuning-kuningan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X