5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu Kembali Dibuka 1 Februari 2020

Kompas.com - 30/01/2020, 18:03 WIB
Sabana di Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaSabana di Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo.


JAKARTA, KOMPAS.com - Lima jalur pendakian Gunung Merbabu akan kembali dibuka mulai Sabtu, 1 Februari 2020. Hal ini dikarenakan perbaikan, pembersihan, pembenahan fasilitas dan penambahan papan informasi untuk pendaki telah selesai dilaksanakan.

Melalui surat keterangan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu yang diterima Kompas.com, Kamis (30/1/2020) menyebutkan lima jalur pendakian yang akan dibuka di antaranya Jalur Selo, Suwanting, Wekas, Cuntel, dan Thekelan.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Junita Parjanti mengatakan khusus jalur pendakian Selo, pendaftaran pendakian akan dilakukan dengan mekanisme booking online.

Baca juga: Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Kembali Dibuka 22 Januari 2020

"Mulai tanggal 1 Februari 2020 akan dibuka kembali. Khusus jalur pendakian Selo, pendaftaran pendaki melalui mekanisme booking online dengan alamat situs www.tngunungmerbabu.org pada menu pendaftaran online," kata Junita seperti dikutip surat keterangan.

Lanjutnya, ia juga mengimbau bagi para pendaki untuk mematuhi tata tertib pendakian gunung dan memperhatikan kondisi cuaca serta situasi di jalur pendakian.

Ia juga menambahkan meski jalur pendakian telah dibuka kembali, namun jika terdapat situasi yang tidak memungkinkan, maka Balai TN Gunung Merbabu akan melakukan evaluasi dan mengambil keputusan lebih lanjut.

Baca juga: 4 Tips Bagi yang Pertama Kali Naik Gunung

Sebelumnya, akhir Agustus 2019 lalu kelima jalur pendakian Gunung Merbabu ditutup akibat kebakaran.

Kebakaran tersebut telah merusak kelima jalur pendakian dan mengharuskan Balai TN Gunung Merbabu melakukan recovery atau pembenahan.

Momen tahun baru yang biasanya ramai oleh pendaki juga tidak terlihat di Gunung Merbabu karena masih ditutupnya jalur pendakian.

Akibatnya, pendaki banyak yang kecewa dan memilih alternatif gunung lain untuk pendakian.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X