Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memasak Kepiting agar Mudah Disantap dan Bumbu Meresap

Kompas.com - 31/01/2020, 07:02 WIB
Nabilla Ramadhian,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Kepiting terkenal akan cangkangnya yang keras. Di balik cangkang tersebut terdapat daging empuk dan mudah lumat saat dikunyah.

Agar daging kepiting menghasilkan tekstur daging yang lembut, ternyata terdapat beberapa trik untuk memasaknya.

“Sebelum dimasak dihancurkan dulu cangkangnya pakai mallet (sejenis palu), tapi jangan sampai cangkang hancur semua,” kata Demi Chef di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Teddy Rizky, saat ditemui Kompas.com dalam perayaan Tahun Baru Imlek di Anigre Restaurant, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Baca juga: Mengapa Kepiting Betina Lebih Baik Tidak Dikonsumsi?

Menghancurkan cangkang secara keseluruhan sebelum kepiting dimasak justru dapat menghambat proses bersantap. Sebab, serpihan cangkang yang telah hancur akan menempel ke daging jika tidak dibersihkan secara rinci.

Teddy juga mengatakan bahwa dengan menghancurkan beberapa bagian cangkang menggunakan mallet akan memudahkan bumbu masak meresap ke dalam daging melalui retakan dan bagian tubuh kepiting yang sudah terbuka.

“Biasanya ada yang memasak kepiting utuh dan dicampur dengan bumbu yang telah tersedia. Tapi menurut saya lebih baik digeprek dulu agar tamu yang dihidangkan mudah menyantap daging,” tutur Teddy.

Baca juga: Masak Ikan Kerapu, Ini Cara Terbaik Mengolahnya

“Tinggal membuka bagian cangkang yang sudah retak atau sedikit terbuka. Tidak perlu repot membuka cangkang secara keseluruhan seperti cangkang kepiting yang masih utuh, Karena kan keras (cangkangnya),” tambah Teddy.

Teddy mengatakan penghancuran cangkang tersebut tidak hanya untuk teknik memasak kepiting rebus, tetapi juga kepiting goreng.

Sebab, jika memasak kepiting yang keadaan cangkangnya masih utuh, maka bumbu hanya menempel pada kulitnya saja.

Untuk teknik masak kepiting sendiri, Teddy mengatakan bahwa pertama kepiting yang cangkangnya sudah sedikit retak atau terbuka dimarinasi dengan bumbu selama satu jam.

Setelah itu, kepiting dimasak selama 4 – 6 menit menggunakan minyak biasa. Kemudian apabila kamu memiliki bumbu tambahan lain yang ingin dimasak bersama dengan kepiting, kamu hanya perlu memasak untuk yang kedua kalinya selama 1 – 2 menit saja.

“Memasak kepiting tidak perlu lama. Kalau overcooked malah membuat daging jadi keras,” tutur Teddy.

Baca juga: Begini Cara Menikmati Hidangan Kepiting...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com