Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Sunrise di Puncak Bukit Kasap, Raja Ampat Kecil dari Pacitan

Kompas.com - 01/02/2020, 12:30 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


PACITAN, KOMPAS.com - Pacitan, sebuah kota kecil di selatan Jawa tak hanya menyimpan pantai, sungai, dan gua memesona. Namun, keindahan itu juga terlihat dari sebuah bukit kecil bernama Bukit Kasap.

Tak jauh dari Pantai Watu Karang, bukit setinggi 500 meter ini kokoh berdiri di pinggir laut selatan Jawa. Selain berdiri kokoh, bukit ini tak sendirian, dari atas puncak kamu bisa melihat berbagai bukit yang berjejer.

Siapa saja yang menaiki hingga puncak bukit akan merasakan suasana bak Raja Ampat, Papua. Oleh karena itu, banyak orang mengatakan bukit ini adalah Raja Ampatnya Jawa Timur.

Baca juga: Pantai Kasap, Pesona Pantai yang Disebut Mini Raja Ampat Pacitan

Kami pun penasaran dengan panorama bukit ini dengan sunrise indahnya. Dengan menggunakan mobil kami pergi menuju pintu masuk Bukit Kasap dari penginapan di homestay Pantai Watu Karang, Rabu (29/1/2020).

Pintu masuk puncak bukit Kasap, Pacitan, Jawa Timur. Wisatawan harus membayar tiket masuk Rp 3.000 per orang untuk sampai ke puncak bukit.Nicholas Ryan Aditya Pintu masuk puncak bukit Kasap, Pacitan, Jawa Timur. Wisatawan harus membayar tiket masuk Rp 3.000 per orang untuk sampai ke puncak bukit.

Selang lima menit kemudian, kami sudah tiba di pintu masuk wisata Pantai Kasap. Kala itu waktu menunjukkan pukul 05.00 WIB. Kami berencana membuktikan indahnya sunrise di Bukit Kasap.

Baca juga: 6 Pantai Indah di Pacitan, Cocok untuk Wisata Touring Saat Libur

Untuk mencapai Bukit Kasap, kami harus berjalan menanjak hingga puncak sekitar 5 hingga 10 menit. Dengan ditemani senter karena langit masih gelap, kami menyusuri jalan setapak yang terbuat dari batu karang itu.

Ada baiknya jika wisatawan yang ingin berjalan menuju Bukit Kasap pergi menggunakan sepatu, karena batu-batu tersebut bisa saja menggores kakimu.

Jalan setapak batu karang pun selesai dilalui, kami melihat semacam gapura terbuat dari batang pohon. Pada bagian atas gapura pohon itu, tulisan berbahasa Jawa "Sugeng Rawuh ing Puncak Kasap" yang berarti "Selamat Datang di Puncak Kasap" menyambut kami.

Puncak Bukit Kasap, Pacitan, Jawa Timur terkenal dengan sunrisenya yang indah. Wisatawan juga bisa melihat bukit-bukit berjejer di pinggir laut bak Raja Ampat dari atas puncak setinggi 500 meter ini.Nicholas Ryan Aditya Puncak Bukit Kasap, Pacitan, Jawa Timur terkenal dengan sunrisenya yang indah. Wisatawan juga bisa melihat bukit-bukit berjejer di pinggir laut bak Raja Ampat dari atas puncak setinggi 500 meter ini.

Kami mendaki puncak kala belum ada petugas yang berjaga. Namun ketika sudah buka, akan ada petugas jaga tiket masuk seharga Rp 3.000 per orang.

Naik sedikit dari pintu masuk, kami melihat sebuah bangunan kecil dari kayu yang ternyata merupakan tempat singgah wisatawan untuk makan.

Warung tersebut bernama Arum Lintang Coffee. Saat itu, warung masih tutup dan jika sudah buka wisatawan bisa menikmati berbagai hidangan seperti kopi susu, susu jahe, teh pahit, teh tarik, coklat, kentang goreng, roti bakar, pisang bakar, mi goreng, nasi goreng, dan tentunya hidangan khas Pacitan yaitu tahu tuna dan otak-otak tuna.

Sebuah kedai makanan dan minuman di puncak bukit Kasap bernama Arum Lintang Coffee. Wisatawan bisa makan dan minum sembari melihat pemandangan laut di pantai Kasap, Pacitan, Jawa Timur.Nicholas Ryan Aditya Sebuah kedai makanan dan minuman di puncak bukit Kasap bernama Arum Lintang Coffee. Wisatawan bisa makan dan minum sembari melihat pemandangan laut di pantai Kasap, Pacitan, Jawa Timur.

Harga hidangan di sini berkisar di antara Rp 5.000 hingga Rp 15.000. Wisatawan bisa menikmati makanan sembari melihat pemandangan laut selatan Jawa yang tergambar jelas di dalam warung.

Selepas melihat warung makan, kami melanjutkan perjalanan ke puncak bukit yang sudah terlihat jelas depan mata.

Rasa lelah kami pun sirna ketika sampai di puncak bukit. Panorama indah yang kami bayangkan pun kini begitu jelas terlihat. Bayang-bayang Raja Ampat tampak nyata di atas bukit ini.

Seorang wisatawan mengabadikan sunrise dengan gawainya di Puncak Bukit Kasap, Pacitan, Jawa Timur, Rabu (29/1/2020).Nicholas Ryan Aditya Seorang wisatawan mengabadikan sunrise dengan gawainya di Puncak Bukit Kasap, Pacitan, Jawa Timur, Rabu (29/1/2020).

Kami melihat berbagai bukit berjejer di samping kiri dan kanan Bukit Kasap. Tepat di selatan kami, membentang luas laut dan Pantai Kasap. Sesekali terlihat ombak besar membentur keras batu karang di bawah sana.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com