Kompas.com - 05/02/2020, 22:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan data perkembangan pariwisata Indonesia pada Senin (3/2/2020).

Berdasarkan data BPS, rata-rata lama wisatawan mancanegara ataupun nusantara menginap di hotel klasifikasi bintang di Indonesia mencapai 1,76 hari pada Desember 2019.

Data tersebut mencatat kenaikan sebesar 0,01 poin jika dibandingkan rata-rata lama menginap pada Desember 2018.

Selain itu, jika dibandingkan dengan November 2019, rata-rata lama menginap pada Desember 2019 mengalami penurunan sebesar 0,02 poin.

Baca juga: Seperti Apa Tren Wisatawan Indonesia dalam Pilih Maskapai? 

Namun, secara umum, data mencatat bahwa lama wisatawan mancanegara (wisman) menginap lebih tinggi dibandingkan wisatawan nusantara (wisnus), yaitu 2,77 hari dan 1,64 hari.

Sementara itu, jika dirinci lebih lanjut menurut provinsi, Bali menjadi provinsi terlama yang diinapi oleh wisatawan mancanegara dan nusantara pada Desember 2019, yaitu 2,75 hari. Disusul oleh Provinsi Sulawesi Utara dengan 2,28 hari dan Provinsi DKI Jakarta sebesar 2,17 hari.

Adapun rata-rata lama wisatawan menginap yang terpendek terjadi di Provinsi Kalimantan Utara, yakni 1,27 hari.

Sedangkan untuk rata-rata lama wisatawan mancanegara atau tamu asing menginap paling lama tercatat di Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu 4,98 hari, dan yang terpendek di Provinsi Sulawesi Barat, yakni 1,00 hari.

Data BPS untuk rata-rata lama wisatawan nusantara atau tamu lokal menginap yang paling lama berada di Provinsi Bali sebesar 2,19 hari, dan yang terpendek di Provinsi Kalimantan Utara, yaitu 1,27 hari.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Hotel di Bali Diminta Tidak Kenakan Biaya Pembatalan untuk Wisatawan China

Bila dilihat melalui klasifikasi hotel, tingkat penghunian kamar paling tinggi terjadi di hotel bintang empat, yakni 63,34 persen, sedangkan tingkat penghunian kamar paling rendah ada pada hotel bintang satu sebesar 43,36 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.