Penumpang dan Kru Kapal Pesiar World Dream Dipastikan Negatif Virus Corona

Kompas.com - 24/02/2020, 11:16 WIB
Ilustrasi kapal pesiar World Dream dari Dream Cruise. Dok. World Dream- Dream Cruise LineIlustrasi kapal pesiar World Dream dari Dream Cruise.


JAKARTA, KOMPAS.com – Operator kapal pesiar Dream Cruises menghentikan sementara kegiatan operasional kapal pesiar World Dream dari Hong Kong sejak 9 Februari 2020.

Departemen Kesehatan Hong Kong telah mengonfirmasi bahwa semua penumpang dan anggota kru yang berlayar saat pelayaran terakhir negatif virus corona

Kondisi kesehatan mereka diperiksa secara ekstensif, juga melalui pemeriksaan suhu tubuh.

Hasil ini membuat kapal pesiar World Dream mendapatkan sertifikasi bebas virus corona dari Departemen Kesehatan Pelabuhan di Hong Kong.

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Indonesia yang Paling Terdampak Isu Virus Corona

Dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com pada Minggu (23/2/2020), Dream Cruises mengaku telah memelihara standar kebersihan dan sanitasi serta berkomitmen untuk menjaga kesehatan semua penumpang dan anggota kru.

Sejak penghentian operasional sejak 9 Februari 2020 lalu, tidak ada penumpang yang berada di atas kapal pesiar milik Dream Cruises.

Dream Cruises bekerja sama dengan otoritas regional untuk fasilitasi perpindahan dan pemulangan anggota kru ke negaranya masing-masing.

 

Hal ini juga bertujuan untuk mempersiapkan kegiatan operasional selanjutnya dan aktivitas dry-dock (mengosongkan dan membersihkan kapal pesiar).

Baca juga: Industri MICE Kena Dampak Corona, Apa Solusi Pemerintah?

World Dream saat ini sedang melepaskan jangkar di perairan internasional di dekat Kepulauan Bintan.

Sebanyak 188 anggota kru asal Indonesia nantinya akan dipindahkan dari kapal World Dream ke kapal TNI Angkatan Laut.

Selain itu, sebagai tindakan pencegahan tambahan nantinya pemerintah Indonesia akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan prosedur observasi bagi anggota kru asal Indonesia yang sudah dipindahkan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X