Jika Terkena Corona saat Liburan, Siapa yang Bayar Biaya Karantina?

Kompas.com - 08/03/2020, 15:21 WIB
Presiden Princess Cruises Jan Swartz membentuk hati dengan kedua tangannya ke arah kapal pesiar Diamond Princess, saat penumpang turun dari kapal setelah karantina, akibat penularan virus korona baru (COVID-19) di dermaga di Yokohama, Jepang, Kamis (20/2/2020), dalam gambar yang didapatkan dari video di media sosial. ANTARA FOTO/Princess Cruises via REUTERS/aww/cfo ANTARA FOTO/Princess Cruises via REUTERS/PRINCESS CRUISESPresiden Princess Cruises Jan Swartz membentuk hati dengan kedua tangannya ke arah kapal pesiar Diamond Princess, saat penumpang turun dari kapal setelah karantina, akibat penularan virus korona baru (COVID-19) di dermaga di Yokohama, Jepang, Kamis (20/2/2020), dalam gambar yang didapatkan dari video di media sosial. ANTARA FOTO/Princess Cruises via REUTERS/aww/cfo


JAKARTA, KOMPAS.com - Bepergian di tengah wabah virus corona (Covid-19) harus siap dengan segala kemungkinan, termasuk karantina di negara tujuan.

Kemungkinan karantina tersebut adalah hal serius dan harus diperhatikan para wisatawan, sebab bisa terjadi kapan pun.

Misalnya, sekitar 1.000 orang dikarantina di sebuah hotel di Kepulauan Canary Spanyol setelah para tamu yang menginap di sana dinyatakan positif corona.

Kemudian penumpang beberapa kapal pesiar terjebak karantina corona. Bahkan, aktor Tom Cruise terpaksa diasingkan di sebuah hotel Italia karena wabah virus sampai di sana.

Baca juga: Demi Pertahankan Rute, Maskapai Terbangkan Pesawat Kosong di Tengah Ketakutan Wabah Corona

Namun, ada salah satu pertanyaan yang mengganjal. Jika memang terjadi karantina, siapa yang bakal menanggung biayanya?

Dilansir TIME, perwakilan Departemen Luar Negeri AS menginformasikan, ada beberapa kasus tentang pembiayaan karantina yang bisa dilakukan seorang diri atau ditanggung pihak terkait.

"Dalam kasus beberapa kapal pesiar di Asia Timur yang menjalani karantina, jalur pelayaran sendiri menanggung biaya akomodasi," katanya.

"Dalam kebanyakan kasus lain, wisatawan individu bertanggung jawab untuk mengelola karantina sendiri," lanjutnya, seperti dikutip TIME, Jumat (6/3/2020).

Baca juga: Maladewa Konfirmasi Dua Kasus Corona Pertama, Dua Pulau Ditutup

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Time
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X