Bagaimana Jaga Jarak di Maskapai Penerbangan Indonesia?

Kompas.com - 03/05/2020, 08:20 WIB
Social distancing di kabin pesawat Boeing 737 Lion Air. Dokumentasi Lion Air GroupSocial distancing di kabin pesawat Boeing 737 Lion Air.


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk social distancing atau jaga jarak sosial selama masa pandemi virus corona. Nyatanya, penerapan social distancing tidak hanya terjadi di darat saja melainkan di udara melalui maskapai penerbangan.

Catatan Kompas.com, dua maskapai penerbangan Indonesia yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air Group telah menerapkan social distancing dalam perjalanan udaranya.

Baca juga: Maskapai Tunda Penerbitan Majalah Penerbangan untuk Cegah Penularan Corona

Garuda Indonesia

Melihat situs resmi Garuda Indonesia, sejak 21 Maret 2020, maskapai ini telah menerapkan social distancing dalam penerbangan.

Adapun bentuk mitigasinya dimulai dari proses check-in di mana penumpang akan diberikan pertanyaan mengenai kondisi kesehatan.

Petugas check-in akan mengarahkan ke KKP setempat untuk diperiksa lebih lanjut jika penumpang tidak memiliki surat kesehatan.

Kemudian pada saat proses keberangkatan di boarding gate. Jika penumpang terlihat memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan atau sesak nafas, dan tidak memiliki surat kesehatan akan diarahkan untuk diperiksa kesehatan lebih lanjut.

Baca juga: Daftar Rute Domestik Garuda Indonesia yang Tidak Beroperasi Sementara Waktu

Sementara itu, ketika di pesawat penerapannya sebagai berikut:

  • Penumpang berjarak satu sama lain di dalam pesawat, setidaknya berjarak satu kursi antar penumpang, kecuali penumpang bepergian dengan keluarga yang tetap ingin duduk bersamaan
  • Mengosongkan satu row antar kursi penumpang terlebih dahulu, jika sudah penuh hingga row terakhir kemudian dapat diaplikasikan pada row-row yang masih tersedia
  • Ketentuan emergency exit & comfort seat tetap mengacu pada ketentuan yang berlaku
  • Pengaturan tempat duduk penumpang seperti ini dilakukan selama kondisi memungkinkan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X