TWC Berharap Kemendikbud Buka Kembali Wisata Candi pada Juni

Kompas.com - 22/05/2020, 20:08 WIB
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. SHUTTERSTOCK/NEW MINDFLOWCandi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

SLEMAN, KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) berharap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bisa membuka kembali kunjungan wisatawan ke sejumlah candi pada awal Juni 2020.

Baca juga: Candi Borobudur Bakal Buka Awal Juni 2020

"Harapannya Kemendikbud bisa membuka kembali kunjungan wisata di sejumlah candi pada awal Juni ini, seiring rencana kami untuk membuka kembali wisata di Taman Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko," kata Direktur Utama PT TWC Borobudur Prambanan & Ratu Boko Edy Setijono di Sleman, DIY, Kamis (21/5/2020), seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, jika nanti Kemendikbud bisa membuka kembali kunjungan wisatawan ke candi, maka pengunjung bisa masuk ke area taman wisata candi.

"Memang kami rencananya akan membuka wisata di taman candi pada 8 Juni 2020, namun hanya untuk wisata di taman yang melingkupi Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko yang kami kelola," katanya.

Ia mengatakan untuk kunjungan wisatawan atau masyarakat umum ke bangunan sejarah purbakala kewenangan ada di Kemendikbud.

"Jadi untuk masuk ke area candi tetap harus menunggu dari Kemendikbud membuka kembali area candi untuk umum," katanya.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional Taman Wisata Candi beserta fasilitasnya pada Juni 2020, setelah mengalami penutupan kurang lebih selama tiga bulan akibat pandemi COVID-19.

Panorama Candi Ratu Boko yang berada tidak jauh dari Candi Prambanan. DOK. PUSKOMPUBLIK KEMENPAREKRAF Panorama Candi Ratu Boko yang berada tidak jauh dari Candi Prambanan.

Penerapan protokol Covid-19

Menurut dia, pembukaan kembali taman wisata candi ini tentunya juga memperhatikan imbauan dari pemerintah pusat khususnya dari Kementerian BUMN dengan menerapkan protokol Covid-19.

"Taman Wisata Candi pada saat dibuka nanti telah siap menuju The New Normal pariwisata. Saat ini berbagai persiapan telah dilakukan dengan memperbaiki dan meningkatkan standar kualitas pelayanan menuju pariwisata yang bersih, sehat, dan aman untuk menerima seluruh wisatawan yang berkunjung," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X