Longgarkan Lockdown, Restoran dan Kafe di Selandia Baru Buka Kembali Termasuk McDonald's dan KFC

Kompas.com - 01/06/2020, 21:52 WIB
Ilustrasi gerai KFC dan McDonalds di Selandia Baru. SHUTTERSTOCK/INPROGRESSIMAGINGIlustrasi gerai KFC dan McDonalds di Selandia Baru.

KOMPAS.com - Restoran, kafe, dan bar di Selandia Baru sudah buka kembali mulai pertengahan Mei 2020. Dilansir dari nzherald.co.nz, restoran dan kafe mulai buka pada 14 Mei 2020, sedangkan bar mulai 21 Mei 2020.

Baca juga: Daftar 6 Negara yang Akan Dibuka Kembali untuk Turis, dari Spanyol sampai Selandia Baru

Mengutip VOA News, Selandia Baru mulai melonggarkan aturan lockdown. Sehingga diizinkan mengadakan pertemuan yang melibatkan sampai 100 orang mulai Jumat (29/5/2020).

Namun tetap harus mengikuti prosedur kesehatan dan keselamatan seperti tetap menjaga jarak aman. Selain itu, restoran dan kafe di Selandia baru boleh buka di bawah aturan level 2.

Pada saat aturan buka kembali berlaku, tempat makan pun banyak yang fully-booked.

"Dalam kurun waktu 24 jam sejak pengumuman pada Senin (11/5/2020), kami melihat bahwa banyaknya restoran levelnya sudah seperti suasana pesta pada Desember. Dengan kata lain, orang-orang sudah ingin makan di luar," ujar founder situs pemesanan Restaurant Hub Mark Gregory seperti mengutip nzherald.co.nz.

"Kami pun melihat banyak restoran terkenal yang fully-booked hanya dalam beberapa jam," lanjutnya.

Menurut Mark Gregory, para pemilik restoran ingin mengetahui berapa tempat duduk yang dipesan sehingga dapat mengatur meja dalam jarak aman yang artinya juga mereka harus menyiapkan lebih sedikit meja daripada kapasitas asli restoran.

"Mereka (pemilik restoran) tak ingin mengecewakan (pelanggan) dan restoran dapat menampung 2 orang pelanggan dalam satu meja dengan batas maksimal dine-in selama 2 jam," kata Mark Gregory.

Ilustrasi Queenstown Mall, Selandia Baru. SHUTTERSTOCK/I VIEWFINDER Ilustrasi Queenstown Mall, Selandia Baru.

Terkait level 2 untuk dine-in restoran, terdapat beberapa protokol kesehatan yang harus dijalankan restoran yang buka kembali.

Aturan tersebut di antaranya, mencatat data pelanggan yang datang, jaga jarak 1 meter antar kelompok pelanggan, dan bisnis yang melibatkan kontak dengan orang lain diharuskan mengenakan PPE (personal protective equipment).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X