Hari Susu Sedunia 2020, Sejak Kapan Manusia Mulai Minum Susu?

Kompas.com - 01/06/2020, 18:41 WIB
Ilustrasi susu sapi segar dalam botol disimpan di kulkas. SHUTTERSTOCK/EKRAMARIlustrasi susu sapi segar dalam botol disimpan di kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Susu sapi menjadi salah satu minuman yang kerap dikonsumsi masyarakat dunia. Olahan susu seperti keju dan mentega pun kerap menjadi bahan utama beragam makanan.

Namun sebenarnya sejak kapan manusia mulai mengonsumsi susu sapi? 

Melansir BBC, sekitar 10.000 tahun yang lalu, masih banyak manusia yang tidak mengenal  apa itu susu dan orang yang mengonsumsinya masih jarang.

Berawal dari penggembala di Eropa Barat

Orang pertama yang minum susu secara teratur adalah petani dan penggembala di Eropa Barat.

Tradisi menggembala dan hidup berdampingan dengan hewan ternak membuat orang dari Eropa Barat memanfaatkan susu sapi sebagai bahan pangan.

Baca juga: Sejarah Susu di Indonesia, Dulu Dianggap Darah Putih

Hingga saat ini susu menjadi sajian yang rutin dikonsumsi oleh masyarakat di kawasan Eropa Utara, Amerika Utara, dan negara lainnya.

Ilustrasi susu sapi segar dituang ke kontainer. SHUTTERSTOCK/RATTIYA THONGDUMHYU Ilustrasi susu sapi segar dituang ke kontainer.

Sementara itu, manusia juga mamalia yang mengonsumsi susu dari mamalia lain.

Dilansir Time, sejarah mencatat bahwa pada zaman Romawi bayi yang ibunya meninggal atau tidak mampu menyusui memiliki dua alternatif untuk mendapatkan susu.

Ada cara alami dengan menggunakan jasa seorang perempuan yang disebut wet nurses yang bersedia memberikan asinya kepada bayi orang lain.

Wanita yang bekerja sebagai wet nurses harus memiliki sikap dan sifat yang baik. Banyak aturan agar bisa menjadi wet nurses.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber BBC,Time
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X