Garut Masuk Zona Kuning, Pariwisatanya Tetap Dibuka

Kompas.com - 14/06/2020, 18:19 WIB
Pantai Sayang Heulang Garut DOK. Disparbud Kab. GarutPantai Sayang Heulang Garut

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut secara resmi telah membuka kembali pariwisatanya sejak 8 Juni 2020.

Pariwisata dibuka kembali lantaran wilayah tersebut masuk Zona Biru. Kendati demikian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan bahwa Garut turun ke Zona Kuning.

Baca juga: Garut Kembali Dibuka, Ini Rekomendasi 8 Tempat Wisatanya

“Garut turun ke Zona Kuning karena ada klaster di Selaawi,” kata Emil, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers virtual melalui YouTube Humas Jabar, Jumat (12/6/2020).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gun Gun, menuturkan bahwa akses menuju ke sana sudah ditutup.

“Tidak boleh ada wisatawan maupun warga Selaawi yang keluar masuk,” kata Budi kepada Kompas.com, Sabtu (14/6/2020).

Salah satu desa di Selaawi--Desa Samida--memberlakukan pembatasan sosial berskala mikro (PSBM).

Mengutip situs Media Center Kabupaten Garut, daerah tersebut merupakan desa wisata yang menyuguhkan panorama alam yang masih asri.

Kendati Selaawi ditutup dan Garut turun ke Zona Kuning, namun pariwisata di kawasan lain tetap berjalan sesuai aturan Zona Biru.

Baca juga: Obyek Wisata di Kabupaten Garut Mulai Buka, Kecuali Wisata Air

Aturan kegiatan pariwisata tersebut tertera dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat Nomor 46 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Secara Proporsional Sesuai Level Kewaspadaan Daerah Kabupaten/Kota Sebagai Persiapan Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Untuk Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Desa wisata Garut jual paket liburan

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X