Nangorak Camp Sumedang, Pilihan Berkemah di Camping Ground Perbukitan

Kompas.com - 10/07/2020, 18:12 WIB
Nangorak Camp https://www.nangorakcamp.com/Nangorak Camp

SUMEDANG, KOMPAS.com - Obyek wisata alam bebas seperti kawasan perbukitan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, menjadi alternatif pilihan liburan di tengah pandemi Covid-19.

Seperti kawasan wisata alam camping ground Nangorak Camp di Dusun Nangorak, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Baca juga: Mengunjungi Curug Gorobog, Permata Tersembunyi di Sumedang

Sejak kembali dibuka pada 9 Juni 2020, Nangorak Camp menjadi tujuan utama wisatawan, khususnya para pecinta alam yang hobi naik gunung.

Lokasinya yang tidak jauh dari kawasan perkotaan juga memudahkan warga dalam menjangkau kawasan perbukitan dengan elevasi bervariasi antara 830 hingga 1.060 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini.

Nangorak Camphttps://www.nangorakcamp.com/ Nangorak Camp

Selain menawarkan panorama alam memikat, udara di kawasan perbukitan ini juga sejuk.

Pada malam hari, wisatawan juga akan disuguhkan dengan hamparan pemandangan cahaya lampu yang berasal dari kawasan perkotaan Sumedang.

Pengelola Nangorak Camp Zenni Bima mengatakan, sejak kembali dibuka pada 9 Juni 2020, animo warga yang berkunjung ke Nangorak Camp cukup besar.

"Sejak adanya Covid-19, kami baru baru kembali pada 9 Juni. Alhamdulillah, animo masyarakat cukup tinggi sejak kembali dibuka, tiap hari selalu ada yang berkemah di sini. Bisa jadi karena sudah jenuh terus di rumah sejak mewabahnya virus Corona," ujar Zenni kepada Kompas.com, Jumat (3/7/2020) malam.

Kawasan wisata camping ground, Nangorak Camp di Sumedang, Jawa Barat ramai dikunjungi wisatawan sejak kembali dibuka di fase New Normal, Jumat (3/7/2020). AAM AMINULLAH/KOMPAS.comKOMPAS.COM/AAM AMINULLAH Kawasan wisata camping ground, Nangorak Camp di Sumedang, Jawa Barat ramai dikunjungi wisatawan sejak kembali dibuka di fase New Normal, Jumat (3/7/2020). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com

Protokol kesehatan

Zenni mengklaim, meski Nangorak Camp merupakan kawasan dengan alam terbuka tetapi protokol kesehatan ketat diterapkan.

"Pengunjung juga wajib mengikuti dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Untuk memastikannya, kami sudah membentuk tim gugus tugas Covid-19 di Nangorak Camp ini," tutur Zenni.

Zenni menyebutkan, tim gugus tugas di Nangorak Camp bertugas untuk mengecek suhu tubuh sejak kedatangan pengunjung, memastikan pengunjung datang memakai masker, dan hanya menyediakan tenda 50 persen dan kapasitas maksimal.

Baca juga: Kuda Renggong, Kesenian Khas Sumedang

Selain itu, kata Zenni, setelah memasuki area Nangorak Camp, tim gugus tugas akan berpatroli tiap saat untuk memastikan bahwa pengunjung yang berkemah tidak berkerumun lebih dari 5 orang.

"Kami juga menyiapkan jalur berbeda untuk pengunjung yang masuk dan pulang untuk memastikan para pengunjung bisa tetap jaga jarak," kata Zenni.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X