Kompas.com - 06/08/2020, 13:12 WIB

KOMPAS.com – Sebuah taman hiburan di Jepang mengambil langkah inovatif dengan memberi pengunjung stiker bergambar mulut yang sedang berteriak untuk ditempel ke masker masing-masing.

Mengutip Independent, Rabu (5/8/2020), upaya itu dilakukan agar wisatawan tetap bisa mengekspresikan kegembiraan mereka di wahana tanpa harus benar-benar berteriak atau bersorak.

Adapun, taman hiburan yang dimaksud adalah Greenland di Perfektur Kumamoto. Greenland mengumumkan konsep itu melalui sebuah unggahan di akun Facebook-nya.

Dalam unggahan tersebut, pihak tempat wisata mengunggah video yang menunjukkan seorang pengunjung menggunakan stiker sembari menaiki salah satu wahana roller coaster.

Baca juga: Naik Roller Coaster di Jepang, Pengunjung Bakal Dilarang Berteriak

“Ini adalah gaya teriakan baru Greenland,” tulis Greenland dalam unggahannya itu.

Stiker-stiker tersebut diberikan pada saat kedatangan. Wisatawan bisa memilih beberapa desain yang telah disediakan.

Langkah tersebut muncul usai banyak taman hiburan di Jepang yang mengumumkan pada awal musim panas 2020 bahwa berteriak selama menaiki wahana dilarang.

Larangan itu diberlakukan karena anggapan bahwa Covid-19 menyebar melalui cipratan (droplet). Kegitan seperti bernyanyi, berteriak, dan menjerit dianggap meningkatkan risiko penyebaran virus.

Baca juga: Mulai New Normal, Jepang Buka Kembali Restoran, Tempat Hiburan dan Pertokoan

Para pihak pengelola taman hiburan juga mengimbau wisatawan untuk berteriak di dalam hati saja.

Selain pemberian stiker di taman hiburan, sebuah kafe di Izu Shaboten Zoo di Shizuoka memenuhi kafe mereka dengan boneka kapibara besar guna mendukung aturan jaga jarak.

Mainan lucu tersebut duduk di sekitar meja kafe, sehingga membuat para pengunjung harus duduk lebih jauh satu sama lain dengan jarak dua meter.

Selain boneka kapibara, kafe tersebut juga menggunakan beberapa boneka lain seperti jerapah, macan, dan lemur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.