Acala Ayu di Pantai Mbluluk Gunungkidul, Menginap di Bukit Sambil Nikmati Pantai Selatan

Kompas.com - 18/10/2020, 15:03 WIB
Penginapan Acala Ayu di Pantai Mbuluk, Gunungkidul, Yogyakarta KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOPenginapan Acala Ayu di Pantai Mbuluk, Gunungkidul, Yogyakarta

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Bekunjung ke Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, tidak salahnya menyempatkan mampir ke pantai Mbuluk.

Pantai ini memiliki garis pantai sekitar 25 meter. Lokasinya ada di antara Pantai Baron dan Kukup.

Jika dari pantai Baron, sebelum pintu masuk pantai Kukup akan ada jalur ke kanan menuju ke pantai Mbuluk. Jalur belum semuanya teraspal karena sebagian masih berupa tanah dan batu.

Baca juga: Berburu Sunset di Pantai Kesirat Gunungkidul

Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, tak ada salahnya menginap di kawasan pantai Mbuluk. Ada satu penginapan yang unik karena kamarnya terdiri dari bangunan yang terbuat dari kayu dan berada di tebing perbukitan karst, yakni Acaya Ayu.

Setiap kali membuka pintu, pengunjung bisa menikmati keindahan kawasan pantai Mbuluk ke arah timur, seperti pantai Ngrawe atau disebut pantai Mesra, dan Kukup.

Fasilitas di Acala Ayu

Pemilik Acala Ayu, Subroto mengatakan bahwa saat ini ada 6 kamar yang bisa disewa, terdiri dari 5 kamar biasa dan 1 kamar untuk keluarga. Dari jumlah itu, ada 3 kamar yang memiliki kamar mandi dengan konsep terbuka, tetapi tetap terjaga keamanannya.

Di depan kamar, ada pondok untuk sekadar makan dan minum pengunjung. Di depannya ada teras yang bisa untuk berfoto dengan latar belakang hamparan Samudra Hindia.

Baca juga: South Shore di Gunungkidul, Ada Infinity Pool Tepi Pantai

 

Konsep penginapan yang ada di perbukitan ini menurut Subroto tidak lepas dari upaya untuk memberi kesan menyatu dengan alam saat menginap.

Penginapan Acala Ayu di Pantai Mbuluk, Gunungkidul, YogyakartaKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Penginapan Acala Ayu di Pantai Mbuluk, Gunungkidul, Yogyakarta

Kamar sengaja dibuat dari bahan ramah lingkungan, seperti kayu dan bambu. Meski begitu, hal ini tidak mengurangi privasi pengunjungnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X