Nepal van Java Tutup Mulai 19 Oktober 2020, Ada Apa?

Kompas.com - 17/10/2020, 17:15 WIB
Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang di Kaki Gunung Sumbing KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYANepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang di Kaki Gunung Sumbing

KOMPAS.com - Wisata Nepal Van Java dikabarkan tutup sementara mulai Senin (19/10/2020). Tempat wisata yang berada di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu sebelumnya viral karena memiliki suasana pedesaan bak negara Nepal.

Pengumuman penutupan itu dikeluarkan melalui Surat Edaran (SE) Pengelola Wisata Dusun Butuh "Nepal Van Java" pada Kamis (15/10/2020).

Dalam SE Nomor 02/NVJ_Bth/X/2020 tertulis bahwa pengelola menyampaikan kegiatan Wisata Dusun Butuh "Nepal Van Java" Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang akan dilakukan penutupan sementara.

Baca juga: Nepal van Java Dusun Butuh Magelang yang Unik Berlatar Gunung Sumbing

"Terhitung mulai Senin, 19 Oktober 2020 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan," tulis SE yang diterima Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Kepala Dusun Butuh Lilik Setiyawan juga membenarkan informasi tersebut kepada Kompas.com.

Dusun Butuh di Magelang dengan Julukan Nepal van Java.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Dusun Butuh di Magelang dengan Julukan Nepal van Java.

Menurut dia, penutupan sementara ini dikarenakan Dusun Butuh, mulai dari pengelola hingga masyarakat, akan melaksanakan kerja bakti, penertiban, penataan, serta penyesuaian retribusi tiket masuk.

"Iya benar, itu dalam keterangannya sudah ada. Intinya untuk penataan dan penertiban. Jadi harus jeda dulu," ujar Lilik melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Masih bisa berkunjung ke sekitar Nepal van Java

Namun, ia mengatakan bahwa wisatawan tetap bisa berkunjung ke tempat wisata sekitar Nepal Van Java.

Saran dia, wisatawan bisa berkunjung ke Watu Susu yang berada di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Magelang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X