Kompas.com - 25/11/2020, 15:50 WIB
Tempat wisata di Sukabumi - Pemandangan yang dapat dilihat dari Puncak Darma, Sukabumi. https://sukabumikab.go.id/Tempat wisata di Sukabumi - Pemandangan yang dapat dilihat dari Puncak Darma, Sukabumi.

KOMPAS.comGeopark Ciletuh Palabuhanratu tengah berupaya mempertahankan status green card UNESCO. Adapun saat ini dalam tahap validasi ulang pada 2021.

“Kalau green card, kawasan dinyatakan lulus sebagai geopark. Pemegang green card berhak menyandang status UNESCO,” kata perwakilan Badan Pengelola CPUGGp yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Guna mempertahankan status green card, dia mengatakan, pihaknya tengah melaksanakan sejumlah ketentuan terkait kemajuan pengembangan Geopark Ciletuh.

Baca juga: Road Trip Keliling Geopark Ciletuh Sukabumi, Bisa ke Mana Saja?

Salah satunya adalah keterlibatan Geopark Ciletuh dalam Global Geoparks Network (GGN). Ada juga soal struktur manajemen dan finansial, konservasi, promosi, dan pengembangan kelestarian yang berkelanjutan.

“Juga kegiatan-kegiatan pemberdayaan perempuan, dan (keterlibatan) budaya lokal. Itu semua kita laksanakan, semakin dikembangkan,” tuturnya.

Selain itu, ada juga edukasi konservasi dan pemberdayaan masyarakat yang akan semakin dikembangkan salah satunya melalui kegiatan wisata.

Geopark bukan kayak taman rekreasi. Geopark tidak mesti sempurna di awal, tapi dikasih waktu untuk perbaikan sambil melestarikan lingkungan sekitar,” ungkap perwakilan Badan Pengelola CPUGGp.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X