Road Trip Keliling Geopark Ciletuh Sukabumi, Bisa ke Mana Saja?

Kompas.com - 24/10/2020, 07:25 WIB
Salah satu wisata air terjun di Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi. DOK. Humas Pemerintah Provinsi Jawa BaratSalah satu wisata air terjun di Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi.

KOMPAS.com – Kawasan Geopark Ciletuh menawarkan sejumlah tempat wisata menarik yang jaraknya saling berdekatan.

Alhasil, melakukan road trip mengelilingi kawasan wisata tersebut merupakan kegiatan menarik yang dapat dilakukan pada akhir pekan.

Berikut rekomendasi enam tempat wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/10/2020).

Hari pertama

  • Pagi: Perjalanan menuju Puncak Darma

Jika perjalanan dimulai Kota Jakarta, maka jarak tempuh menuju tempat wisata pertama menggunakan mobil adalah 161 kilometer atau sekitar 4 jam 36 menit.

Baca juga: Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara Ada di Sukabumi, Apa yang Menarik?

Dari Kota Bogor area Kebun Raya Bogor, jarak tempuhnya adalah 114 kilometer atau sekitar 3 jam 35 menit, dan dari Kota Depok area Situ Pulo adalah 149 kilometer atau sekitar 4 jam 15 menit.

Perjalanan dari Kota Tangerang, jarak tempuhnya adalah 188 kilometer atau sekitar 5 jam 22 menit. Sementara untuk perjalanan dari Kota Bekasi, jarak tempuhnya adalah 162 kilometer atau sekitar 4 jam 30 menit.

Guna menghindari kemacetan, ada baiknya perjalanan dimulai pada pagi hari sekitar pukul 06:00 WIB. Jangan lupa untuk sarapan dan mengecek kendaraan pribadi agar perjalanan tetap aman.

  • Pagi jelang siang: Lihat pemandangan di Puncak Darma

Tempat wisata di Sukabumi - Pemandangan yang dapat dilihat dari Puncak Darma, Sukabumi.https://sukabumikab.go.id/ Tempat wisata di Sukabumi - Pemandangan yang dapat dilihat dari Puncak Darma, Sukabumi.

Puncak Darma, salah satu dataran tertinggi di kawasan Geopark Ciletuh, berlokasi di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas.

Lokasinya yang berada pada ketinggian 230 meter dari permukaan laut (mdpl) membuat pemandangan yang ditawarkan Puncak Darma mengesankan.

Dari sana, berbagai pemandangan dapat disaksikan mulai dari Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda, hingga deretan tebing, persawahan, hingga pantai Geopark Ciletuh.

Menghabiskan pagi hari di Puncak Darm sambil menikmati matahari terbit dapat membuat pengalaman road trip menjadi lebih menyenangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X