Nusa Dua Bakal Jadi Zona Hijau Desember 2020, Apa Itu?

Kompas.com - 30/11/2020, 14:31 WIB
Kawasan Pantai Nusa Dua KOMPAS.com/Nur Rohmi AidaKawasan Pantai Nusa Dua

KOMPAS.com – VP Destination Planning Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Doddy Dwinandam mengatakan, Nusa Dua rencananya akan dijadikan sebagai zona hijau Desember 2020.

“Saya tidak bisa berkata banyak, tapi Nusa Dua memiliki sebuah program berkonsep zona hijau. Seluruh wisatawan yang datang harus tes PCR,” kata dia.

Pernyataan itu Doddy sampaikan dalam webinar Global Tourism Forum bertajuk “Recovery and Beyond Summit 2020”, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Pasca-pandemi Covid-19, Industri Pariwisata Diimbau Lebih Manfaakan Teknologi

Melalui konsep seperti “karantina”, lanjut dia, wisatawan yang akan berkunjung ke Nusa Dua akan langsung dijemput dari bandara menggunakan shuttle yang sudah tersertifkasi.

Adapun, sejumlah langkah tersebut dilakukan guna memastikan bahwa wisatawan yang tiba di salah satu destinasi wisata paling indah di Indonesia itu tidak membawa Covid-19.

Tidak hanya itu, banyak pekerja hotel dan restoran juga akan tinggal di resor untuk sementara waktu untuk membatasi kemungkinan penyebaran Covid-19.

Pantai di Nusa Dua, BaliCourtyard by Marriott Bali Nusa Dua Pantai di Nusa Dua, Bali

“Kami ingin Nusa Dua menjadi destinasi wisata yang sehat dan aman. Maka, kami bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf),” sambung Doddy.

Dirinya berharap agar program itu dapat diluncurkan Desember 2020 karena pihaknya ingin menciptakan gelembung pariwisata dan lingkungan yang aman.

Baca juga: Industri Pariwisata di ASEAN: Promosikan Identitas Regional bukan Nasional

Doddy menegaskan, saat ini dia hanya bisa memberi gambaran besar dan tidak bisa memberi rincian akan program tersebut karena masih dalam tahap perencanaan lebih lanjut.

Melansir situs resmi ITDC, The Nusa Dua Tourism Area merupakan kawasan wisata yang sudah dikembangkan selama lebih dari 40 tahun.

Saat ini, di sana terdapat 19 hotel bintang yang menawarkan 5.000 kamar, pusat perbelanjaan, museum, ruang budaya, lapangan golf, rumah sakit, dan bisnis pariwisata lainnya.

Tidak hanya itu, kawasan wisata tersebut telah dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara berskala internasional seperti UN Climate Change 2007, APEC 2013, Bali Democratic Forum, dan Miss World 2013.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X