Machu Picchu Tambah Kuota Turis Jadi 1.116 Orang per Hari

Kompas.com - 05/12/2020, 10:10 WIB
Tempat wisata di Peru - Machu Picchu. SHUTTERSTOCK / padchasTempat wisata di Peru - Machu Picchu.

KOMPAS.com – Kementerian Kebudayaan Peru pada Selasa (1/12/2020) mengumumkan bahwa kuota kunjungan ke Machu Picchu akan ditingkatkan menjadi 1.116 wisatawan per hari.

Melansir Malay Mail, Kamis (3/12/2020), tempat wisata yang sudah dibuka sejak 1 November 2020 usai ditutup selama delapan bulan itu membatasi kunjungan menjadi 675 turis per hari.

Adapun, jumlah tersebut hanyalah 30 persen dari jumlah kunjungan harian Machu Picchu sebelum pandemi Covid-19.

Baca juga: Machu Picchu di Peru Buka Kembali, Kuota 675 Turis per Hari

Kendati demikian, mulai Rabu (2/12/2020), kapasitas kunjungan akan ditingkatkan menjadi 40 persen atau 1.116 wisatawan per hari.

Kementerian Kebudayaan Peru menuturkan, keputusan tersebut diambil lantaran tingkat infeksi Covid-19 di Peru mulai melandai.

Ribuan turis berkunjung ke Machu Picchu sebelum pandemi

Sebelum pandemi Covid-19, jumlah wisatawan yang berkunjung sehari-hari ke Machu Picchu berada pada angka 2.000-3.000 orang. Bahkan selama musim liburan, kunjungan harian bisa mencapai 5.000 wisatawan.

Tempat wisata di Peru - Machu Picchu.SHUTTERSTOCK / David Ionut Tempat wisata di Peru - Machu Picchu.

Pada Maret, tepatnya pada hari terakhir kunjungan sebelum Machu Picchu ditutup, sebanyak 2.500 wisatawan berlibur ke sana.

Baca juga: Cerita Satu-satunya Turis Asing yang Boleh Masuk Machu Picchu Peru

Selama berkunjung ke Machu Picchu, Kementerian Kebudayaan Peru mengimbau seluruh wisatawan untuk mematuhi langkah keamanan dan kesehatan, termasuk menggunakan masker.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X