Maskapai Penerbangan Ini Punya Program Pelacakan Kontak, Seperti Apa?

Kompas.com - 04/12/2020, 15:03 WIB
Pesawat Delta Airlines. SHUTTERSTOCKPesawat Delta Airlines.

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Delta Airlines bekerja sama dengan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) untuk menawarkan program pelacakan kontak bagi wisatawan yang tiba di AS.

Melansir Fox News, Kamis (3/12/2020), maskapai dengan basis di Atlanta tersebut membagikan rincian program yang akan dimulai sekitar dua pekan mendatang.

Mulai Selasa (15/12/2020), penumpang yang terbang dengan Delta Airlines dari lokasi internasional mana pun akan diminta secara sukarela memberikan lima informasi.

Baca juga: Maskapai Ini Tawarkan Jaminan Bebas Karantina Bagi Turis Inggris Raya

Informasi itu meliputi nama, email, alamat di AS, dan dua nomor yang dapat dihubungi. Seluruh informasi akan secara aman dikirim langsung ke CDC melalui US Customs and Border Protection.

“Ini akan memberi CDC akses ke data secara cepat dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memberi tahu penumpang yang terdampak melalui departemen kesehatan setempat,” kata Delta Airlines melalui keterangan pers, mengutip Fox News.

Tujuan dari program tersebut adalah untuk memberi tahu penumpang yang terdampak lebih tepat waktu dibandingkan dengan metode saat ini.

Baca juga: Maskapai Ini Larang 550 Penumpang Naik Pesawat Mereka, Kenapa?

Melalui metode saat ini, CDC diberikan manifes penerbangan setelah penumpang yang dinyatakan positif Covid-19 diidentifikasi.

Seluruh penumpang yang duduk dua kursi dari kasus yang dikonfirmasi kemudian akan diidentifikasi. Departemen kesehatan setempat kemudian akan dihubungi serta diberi tugas untuk menindaklanjut.

Ilustrasi Patung Liberty atau Liberty Statue di New York, Amerika Serikat. Dok. Shutterstock Ilustrasi Patung Liberty atau Liberty Statue di New York, Amerika Serikat.

Dengan memberikan informasi pelacakan kontak secara sukarela langsung ke CDC, program Delta diharap dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memberi tahu individu yang terpapar.

Tidak hanya itu, program pelacakan kontak milik Delta Airlines dan CDC juga diharap dapat mengurangi penyebaran lebih lanjut Covid-19.

Baca juga: Penerbangan Bebas Karantina Italia-Amerika Serikat Segera Diluncurkan

Halaman:


Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X