Islandia Izinkan Turis Tidak Karantina jika Pernah Positif Covid-19

Kompas.com - 03/12/2020, 21:46 WIB
Kirkjufell, gunung di Islandia. Dok. Lonely PlanetKirkjufell, gunung di Islandia.


KOMPAS.com – Wisatawan yang berlibur ke Islandia akan diizinkan untuk melewati proses karantina di negara tersebut. Termasuk juka persyaratan bukti tes Covid-19 jika mereka terbukti pernah terinfeksi Covid-19 dan berhasil sembuh.

Dilansir dari Travel and Leisure, kebijakan dari pemerintah Islandia ini akan dimulai tanggal 10 Desember 2020.

Para wisatawan yang pernah terinfeksi Covid-19 dan berhasil sembuh hanya perlu menyerahkan bukti tes PCR positif yang diambil setidaknya 14 hari ke belakang.

Bisa juga menggunakan tes antibodi dari laboratorium atau epidemiolog di Islandia, berdasarkan informasi dari Office of the Medical Director of Health. Rapid atau spot test tidak diizinkan untuk program ini.

Baca juga: Islandia Buka Lagi Pariwisata, Ini Syarat Turis Asing yang Boleh Masuk

“Langkah ini ditujukan untuk mengurangi risiko infeksi masuk ke dalam perbatasan negara,” kata Perdana Menteri Islandia Katrin Jakobsdottir dalam sebuah pernyataan.

“Walaupun kita tidak pernah bisa menjamin semua sumber potensial di masa depan bisa dicegah, tapi penting untuk meminimalisasi risiko sebaik mungkin. Kami berharap perkembangan vaksin yang efektif akan memungkinkan kami untuk mengulas kembali aturan perbatasan di minggu pertama setelah tahun baru,” sambung dia.

Ilustrasi Blue Lagoon, Islandia.shutterstock.com/puripat Ilustrasi Blue Lagoon, Islandia.

Saat ini, Islandia mengharuskan wisatawan untuk melakukan karantina 14 hari sebelum kedatangan atau melakukan tes dua kali. Sekali saat kedatangan lalu melakukan karantina selama lima atau enam hari sebelum dites kembali.

Baca juga: Ini Cara Islandia Yakinkan Turis untuk Liburan ke Sana

Mereka yang melakukan karantina di Islandia sekarang sudah diperbolehkan untuk mengunjungi tempat wisata.

Islandia telah menutup kolam-kolam renang terkenal mereka dan mengharuskan restoran yang memiliki lisensi menjual alkohol untuk tutup pada pukul 21.00, berdasarkan situs resmi pemerintah Islandia soal Covid-19.

Masker harus selalu dipakai kapan pun orang berada setidaknya dua meter satu sama lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X