Cianjur Zona Kuning, Ini 15 Tempat Wisata yang Cocok untuk Keluarga

Kompas.com - 03/12/2020, 19:30 WIB
Salah satu zona taman Perancis, bentuk geometris dan pangkasan perdu pendek yang merupakan ciri khas utama taman Perancis. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaSalah satu zona taman Perancis, bentuk geometris dan pangkasan perdu pendek yang merupakan ciri khas utama taman Perancis.


KOMPAS.com – Kabupaten Cianjur terkenal dengan alamnya yang begitu indah. Mulai dari pegunungan, air terjun, sungai, danau, taman bunga, hingga pantai tersedia di sana.

Termasuk zona kuning penyebaran Covid-19, Kabupaten Cianjur bisa jadi salah satu tujuan wisata akhir tahun 2020. Asalkan tetap ingat untuk menjaga protokol kesehatan untuk wisata yang aman.

Berikut ini 15 pilihan tempat wisata di Kabupaten Cianjur yang bisa jadi tujuan wisatamu di akhir tahun. Selain tempat-tempat berikut, Kabupaten Cianjur juga masih memiliki begitu banyak kekayaan wisata yang bisa kamu jelajahi lebih lanjut.

Baca juga: Itinerary Wisata Cianjur 2 Hari 1 Malam, Ini Rekomendasi dan Kisaran Biayanya

1. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara disebut-sebut sebagai taman bunga terbesar di Jawa Barat. Di sana, kamu bisa menemukan beberapa area taman dengan tema yang berbeda.

Ada banyak sekali koleksi bunga di taman ini yang berasal dari seluruh dunia. Ada ratusan jenis bunga di beberapa area taman. Selain taman bunga yang sering dijadikan latar belakang swafoto Instagramable, ada pula beragam fasilitas lain.

Seperti bursa bunga dan tanaman, menara pandang, Danau Angsa, Wira Wiri, Saung Nini, Dotto Trains, dan juga tempat khusus untuk piknik bersama keluarga.

Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwsati, KM 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 40.000 per orang.

Kebun Raya Cibodas.DOK. SHUTTERSTOCK/FREDY ALBERT Kebun Raya Cibodas.

2. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas jadi tempat untuk belajar mengenai aneka jenis tanaman dari seluruh dunia. Ada ribuan jenis tanaman di sini yang terbagi ke dalam beberapa spot menarik.

Spot-spot menarik tersebut di antaranya adalah Taman Sakura, Taman Rhododendron, Taman Obat, Taman Lumut, Taman Liana, Rumah Kaca, Konservatorium, Koleksi Paku-pakuan, dan Kolam Besar.

Baca juga: Kenapa Sate Maranggi Cianjur Dimakan Bersama Nasi Uduk?

Selain taman-taman tersebut, ada pula Air Terjun Ciismun dan Air Terjun Cibogo yang termasuk ke dalam area Kebun Raya Cibodas.

Kebun Raya Cibodas terletak di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur. Jam operasionalnya setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB dan harga tiket masuknya Rp 16.500 per orang dengan biaya mobil Rp 20.000 dan motor Rp 5.000.

Istana CipanasKemendikbud RI Istana Cipanas

3. Istana Cipanas

Istana Cipanas adalah salah satu Istana Kepresidenan di kaki Gunung Gede. Tempat ini terbuka untuk wisata masyarakat.

Di sana kamu bisa berwisata sejarah mengenai perjalanan kemerdekaan Indonesia. Ada pula beragam koleksi benda bersejarah yang ada di bagian dalam istana.

Baca juga: Mendaki Gunung Gede Pangrango Saat Musim Hujan, Ini Panduannya

Seperti dua buah lampu kristal produksi tahun 1900 dari Cekoslowakia, sampai lukisan-lukisan karya seniman Affandi dan Soejono D S.

Ada pula tempat pemandian air panas dan museum yang menyimpan koleksi barang pemberian tamu negara. Sayangnya ketika berwisata di sini ada larangan memotret sehingga kamu harus puas dengan hanya melihat saja.

Istana Cipanas terletak di Jalan Raya Cipanas, No. 105, Cipanas, Kabupaten Cianjur. Jam operasionalnya Selasa – Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 13.00 WIB. Sementara Senin dan Jumat tutup.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X