Mendaki Gunung Gede Pangrango Saat Musim Hujan, Ini Panduannya

Kompas.com - 22/10/2020, 15:49 WIB
Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat. shutterstock/Dede SudianaGunung Gede Pangrango di Jawa Barat.


KOMPAS.com - Tiga jalur resmi pendakian Gunung Gede Pangrango telah buka kembali mulai Rabu (21/10/2020) dengan protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal.

Pada pembukaan kali ini, kondisi cuaca sudah mulai memasuki musim hujan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui calon pendaki sebelum berkunjung.

Meski terkadang dihindari, tetap saja ada pendaki yang berkunjung ke Gunung Gede Pangrango di musim hujan. Hal ini karena pemandangan indah yang tersaji saat musim hujan tak kalah dengan musim kemarau.

Baca juga: Pendakian Gunung Gede Pangrango Dibuka Lagi Mulai 21 Oktober 2020

Lalu, apa saja yang perlu diketahui para calon pendaki yang ingin naik Gunung Gede Pangrango di musim hujan? Simak panduannya berikut ini.

1. Terlindung oleh kanopi rapat hutan hujan tropis

Perlu diketahui bahwa Gunung Gede Pangrango memiliki kawasan yang sebagian besarnya tertutup hutan hujan tropis.

Suasana lembab pun tercipta karena kanopi hutan hujan tropis itu begitu berpadu dengan cuaca basah dan sejuk pada musim hujan.

Gunung Pangrango.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Gunung Pangrango.

Selain itu, rimba yang masih asri menjadi makanan pokok pendaki ketika naik gunung yang berlokasi di tiga kabupaten, yaitu Bogor, Cianjur dan Sukabumi ini.

Baca juga: Simak, Cara Menuju Gunung Gede Pangrango dari Jakarta

Kanopi tersebut dapat memberi perlindungan lebih pada tenda-tenda pendaki dari serangan angin kencang dan hujan deras.

Kanopi itu ada di tiga jalur resmi pendakian menuju puncak gunung, yakni Cibodas, Gunung Putri, dan Selabintana.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X