7 Tempat Wisata di Pulau Sumba yang Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 10/12/2020, 12:20 WIB
Foto Pantai Marosi di Kabupaten Sumba Barat, NTT KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BEREFoto Pantai Marosi di Kabupaten Sumba Barat, NTT

KUPANG, KOMPAS.com - Sejumlah selebritis tanah air hingga pesohor dunia, pernah berwisata ke Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebut saja Raffi Ahmad, Nagita Slavina, David Beckham dan sang istri Victoria Beckham, pemain sepakbola timnas Belanda Arjen Robben, hingga Hollywood Jennifer Lawrence dan suaminya Cooke Maroney.

Mereka mengunjungi sejumlah destinasi wisata andalan di pulau yang disebut sebagai Pulau terindah di dunia oleh sebuah majalah terbitan Jerman "Focus", pada Tahun 2018 lalu.

Di Pulau Sumba, terdapat empat kabupaten yakni Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur.

Untuk berkunjung ke Pulau Sumba, bisa menggunakan jalur laut yakni melalui Bali. Sedangkan penerbangan dari Jakarta tidak ada rute langsung, melainkan harus transit. Pilihan transit ada dua, bisa di Denpasar, Bali atau di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Penerbangan ke Denpasar, Bali dari Jakarta ditempuh selama 1 jam 50 menit, sedangkan dari Jakarta ke Kupang ditempuh selama 3 jam.

Baca juga: Sumba Timur Punya Hamparan Bunga Mirip Sakura Seperti di Jepang

Penerbangan dari Denpasar ke Sumba dan Kupang ke Sumba ditempuh dengan waktu sekitar 60 menit.

Ada dua bandara di Pulau Sumba yakni Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya dan Bandara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur.

Sedangkan untuk maskapai, terdapat dua yang melayani rute ke Sumba yakni Nam Air dan Wings Air. Harga tiketnya jika dari Jakarta sekitar Rp 2 juta lebih per penumpang.

Lanskap yang unik dengan banyaknya bukit sabana, pantai serta budaya yang masih terjaga membuat Sumba memang menarik untuk dikunjungi.

Berikut tujuh wisata alam di Sumba yang menarik untuk dikunjungi. Kompas.com berkesempatan diundang Badan Penghubung Pemerintah Provinsi NTT untuk menjelajahi wisata di Pulau Sumba.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X