Kompas.com - 07/01/2021, 20:08 WIB
Situasi di kawasan Gunung Bromo, Sabtu (20/7/2019) Dok. TNBTSSituasi di kawasan Gunung Bromo, Sabtu (20/7/2019)

MALANG, KOMPAS.com - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan melaksanakan car free month (CFM) atau bulan bebas kendaraan di Kaldera Gunung Bromo, Jawa Timur.

Berbeda dengan tahun sebelumnya saat pelaksanaan bebas kendaraan berlangsung satu bulan penuh, yakni 24 Januari-24 Februari 2020 atau Wulan Kapitu menurut penanggalan Suku Tengger.

Tahun ini, bulan bebas kendaraan itu hanya akan berlangsung selama tiga hari. Yakni pada Rabu (13/1/2021), Jumat (29/1/2021), dan Selasa (12/2/2021). Hal itu mengingat dampak pandemi yang dialami pelaku wisata di kawasan tersebut.

"Penutupan dilakuan saat Megeng tanggal 13 Januari 2021 pukul 00.01-23.59 WIB, Mbabar Alit tanggal 29 Januari 2021 pukul 00.01-23.59 WIB dan Mbabar Ageng tanggal 12 Februari 2021 pukul 00.01-23.59 WIB." kata Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Agus Budi Santosa.

Baca juga: Syarat ke Bromo Saat Libur Tahun Baru, Wajib Rapid Test Antigen

 

Pernyataan tersebut ia sampaikanmelalui rilis resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (7/1/2021).

Selama pelaksanaan kaldera bebas kendaraan berlangsung, kendaraan milik wisatawan yang berangkat dari Lumajang dan Malang dan hanya boleh sampai di Savana Teletubies.

Sedangkan untuk kendaraan yang datang dari Kabupaten Probolinggo hanya boleh sampai di Bungkah, Kabupaten Probolinggo.

Kemudian kendaraan yang datang dari Pasuruan hanya sampai di Bungkah, Kabupaten Pasuruan.

Pemandangan Gunung Bromo dari Penanjakan 2, Probolinggo, Jawa Timur.Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf Pemandangan Gunung Bromo dari Penanjakan 2, Probolinggo, Jawa Timur.

"Selama kebijakan diterapkan, akan dilakukan pengamanan bersama di pintu-pintu masuk dengan dukungan personel dari Balai Besar TNBTS dan mitra TNBTS," ujar Agus.

Sementara itu, untuk menuju Kaldera Gunung Bromo, wisatawan bisa menggunakan jasa kuda, bersepeda, atau berjalan kaki.

"Untuk kepentingan Dinas Pemerintahan yang bersifat kegawatdaruratan dan patroli pemantauan kawasan, dapat menggunakan kendaraan bermotor," imbuh Agus.

Baca juga: Wisatawan yang Berlibur ke Bromo Wajib Bawa Hasil Rapid Test Antigen

Adapun, Car free month (CFM) di Kaldera Gunung Bromo mulai diberlakukan sejak 2020. Ketika itu, pelaksanaan bulan bebas kendaraan selama satu bulan penuh.

Pelaksanaan car free month merupakan penerapan dari 10 cara baru pengelolaan kawasan konservasi berupa pemulihan ekosistem dan penghormatan terhadap kearifan lokal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X