Kompas.com - 26/09/2021, 20:08 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 di kawasan wisata di Jawa Tengah terus dipercepat. Hal ini sebagai upaya persiapan menyambut event-event besar, salah satunya di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan pernyataan itu disela-sela memantau vaksinasi massal yang digelar di Candi Borobudur, Desa Wisata Wanurejo dan Balkondes Duta Menoreh Tanjungsari, Kabupaten Magelang, Minggu (26/9/2021).

Setidaknya 10.000 orang menjadi target dalam vaksinasi di 3 titik tersebut.

Baca juga: Ada Vaksinasi Covid-19 Gratis di Museum Borobudur Magelang

"Vaksinasi ini untuk menyiapkan dan membantu para pelaku wisata khususnya di kawasan Borobudur. Selain itu, juga para pelajarnya," kata Ganjar dalam keterangan pers, Minggu (26/9/2021).

Pihaknya pun sengaja menggelar vaksinasi di sana agar publik tahu bahwa pariwisata Jawa Tengah mesti siap-siap, sehingga masyarakat aman, pelaku wisata aman, dan pelajar aman.

Event besar di Borobudur

Selain itu, sambung Ganjar, akan ada sejumlah event besar yang akan digelar di Borobudur. Dalam waktu dekat ini, ada event Tour de Borobudur (TDB), ajang balap sepeda dan Borobudur Marathon, ajang marathon tingkat internasional.

"Sebelum melaksanakan kegiatan-kegiatan itu, kami ingin vaksinasi dipercepat. Dan memang Kabupaten Magelang ini termasuk rendah vaksinasinya, maka kita serbu harapannya bisa naik dan masyarakat bisa terlindungi," sambung dia.

Peserta lari Elite Race Borobudur Marathon 2020, Sutrisno (kaus putih), melintasi rute di kawasan Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020) pagi WIB.KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELI Peserta lari Elite Race Borobudur Marathon 2020, Sutrisno (kaus putih), melintasi rute di kawasan Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020) pagi WIB.

Jika tingkat vaksinasi di Magelang sudah tinggi, tutur Ganjar, maka tempat wisata akan bisa bergeliat lagi.

Ganjar juga meminta seluruh daerah di Jateng benar-benar mempersiapkan jika ingin membuka destinasi wisata. Kepala daerah setempat harus bisa memilih dan memilah mana destinasi prioritas dan mana yang perlu dilakukan percepatan vaksinasi.

Baca juga: DAMRI Punya Rute Baru Wisata ke Candi Borobudur dan Dieng

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.