Kompas.com - 26/09/2021, 12:29 WIB

 

KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia sudah resmi menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama 2022.

Melansir Kompas.com, Kamis (23/9/2021), kesepakatan tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

SKB Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Penentuan hari libur dan cuti bersama diputuskan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri tentang Hari Libur dan Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Rakor ini juga dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Rabu (22/9/2021).

“Penetapan libur nasional dan cuti bersama berdasarkan hasil evaluasu selama dua tahun terakhir sejak pandemi Covid,” jelas Muhadjir dalam situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab).

Baca juga:

Adapun, berdasarkan hasil Rakor dan SKB tersebut, masyarakat Indonesia memiliki 16 hari libur nasional pada tahun 2022. Namun, beda halnya dengan cuti bersama.

Belum ada tanggal untuk cuti bersama

Muhadjir mengungkapkan, penetapan tanggal cuti bersama tahun 2022 akan dilakukan sembari melihat perkembangan Covid-19 di Indonesia.

Harapannya, pandemi segera teratasi pada tahun yang akan datang agar cuti bersama dapat direalisasikan.

Ilustrasi liburan terencana Dok. PegiPegi Ilustrasi liburan terencana

“Semoga tahun depan pandemi Covid-19 sudah bisa diatasi dengan baik, sehingga penetapan cuti bersama betul-betul bisa direalisasikan di tahun 2022,” jelas dia.

Penetapan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2022 berfungsi sebagai pedoman bagi masyarakat, serta sektor ekonomi dan swasta dalam beraktivitas.

Tidak hanya itu, penetapan hari libur nasional dan cuti bersama juga dijadikan sebagai rujukan bagi kementerian dan lembaga pemerintahan untuk merencanakan program-program kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.