Kompas.com - 28/09/2021, 10:10 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Banyuwangi secara bertahap mulai membuka kembali sektor pariwisata. Hal ini seiring dengan status PPKM Level 2. Untuk memudahkan wisatawan ke tempat wisata, Banyuwangi meluncurkan angkutan pariwisata gratis.

Dengan begitu, wisatawan bisa menghemat biaya untuk menuju ke beberapa tempat wisata andalan Banyuwangi, seperti Pulau Merah, Djawatan, Dusun Kakao Glenmore, Kawah Ijen, dan Bangsring Underwater.

Baca juga: Rute dan Syarat Naik Angkutan Wisata Gratis di Banyuwangi

"Kebetulan destinasi wisata yang kami pilih untuk dilalui angkutan wisata ini memang sangat diminati wisatawan yang datang ke Banyuwangi dan telah terverifikasi penerapan protokol kesehatan oleh tim Dinas Kebudayaan dan Pariwisata," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Dwi Yanto dalam keterangan tertulis, Senin (27/9/2021).

Berikut adalah dua hal yang perlu diketahui seputar angkutan pariwisata gratis di banyuwangi:

1. Rute angkutan pariwisata di Banyuwangi

Dinas Perhubungan menyiapkan dua armada, yakni bus sedang dan elf. Dua moda transportasi yang berkapasitas 21 orang itu beroperasi setiap Sabtu dan Minggu. Pemberangkatan ke semua rute diawali dari Terminal Brawijaya Banyuwangi.

Rute bus dimulai dari Terminal Brawijaya-bandara-Pulau Merah, Dusun Kakao Glenmore-de Djawatan, dan berakhir kembali di Terminal Brawijaya.

Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur DOK. Shutterstock/MumemoriesShutterstock/Mumemories Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur DOK. Shutterstock/Mumemories

Sedangkan rute Elf dimulai dari Terminal Brawijaya-Kawah Ijen/Paltuding-Bangsring Underwater-Waduk Sidodadi-Terminal Brawijaya.

Untuk bisa memanfaatkan angkutan wisata ini, wisatawan bisa melakukan pendaftaran melalui link https://banyuwangitourism.com/jalan-jalan/.

Mereka bisa memilih destinasi wisata tujuan, beserta tanggal dan waktu keberangkatan sesuai hari operasional angkutan.

Baca juga: Jalan-jalan di Banyuwangi Kini Bisa Pakai Angkutan Gratis

"Namun semua jadwal dan rute menyesuaikan kuota pendaftar dan permintaan dari pemohon," jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.