Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2021, 19:07 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Indonesia bakal memiliki ekowisata baru yang menawarkan kegiatan alam dengan pemandangan indah di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.

Calon tempat wisata baru ini bernama ekowisata Eiger Adventure Land (EAL). Lokasinya ada di kaki Gunung Gede Pangrango, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekowisata adalah wisata berbasis alam yang menekankan pembelajaran lingkungan dan memastikan lingkungan tidak dirusak wisatawan atau kegiatan wisata.

Baca juga: Jbound, Tempat Outbound dan Wisata Edukasi di Bogor

Arti lainnya adalah, wisata yang dilaksanakan di hutan atau di mana saja dengan memanfaatkan lingkungan alam sebagai obyeknya. Ekowisata juga mengutamakan konservasi budaya, pemberdayaan sosial, dan ekonomi masyarakat lokal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bahkan meresmikan langsung pembangunan ekowisata Eiger Adventure Land yang digadang-gadang bakal menjadi pariwisata alam berstandar internasional.

Kawasan ekowisata yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini akan menghadirkan beberapa ikon, seperti kereta gantung sepanjang 863 meter.

Baca juga: Botanica Sanctuary, Hotel Terbaru di Puncak Bogor yang Cocok untuk Keluarga

Akan ada pula jembatan gantung terpanjang di dunia sepanjang 530 meter yang mengalahkan jembatan gantung di Arouca, Portugal dengan panjang 516 meter.

Ekowisata Eiger Adventure Land akan dibangun di Puncak Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Ekowisata Eiger Adventure Land akan dibangun di Puncak Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, akan ada juga berbagai fasilitas yang menitikberatkan kepada kegiatan alam tropis, seperti forest adventure, cultural walk, adventure playground, traditional village, the sanctuary, hiking, camping, dan overlanding.

Eiger Adventure Land akan buka 2023

Ekowisata Eiger Adventure Land direncanakan mulai beroperasi dan dibuka untuk umum pada awal 2023. Bagi wisatawan yang berencana untuk liburan ke sana, maka harus menunggu dua tahun lagi.

Chairman PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI) Ronny Lukito mengatakan, ekowisata tersebut dibangun di lahan seluas 325 hektar dengan nilai investasi sebesar Rp 800 miliar selama 5 tahun.

Adapun, target pembangunan selesai atau mulai beroperasi dan dibuka untuk umum di tahun 2023.

Baca juga: Curug Cikuluwung, Wisata Dua Air Terjun di Bogor

Pendirian EAL juga didukung pihak-pihak terkait, seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, dan Pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Ia menyebut bahwa pihaknya sudah memenuhi izin dan persyaratan ketat dari KLHK agar bisa membangun ekowisata Eiger Adventure Land.

Dari total luas lahan tersebut, sambung dia, Eiger hanya mengggunakan 1,75 persen lahan terbangun yang bersifat semi-permanen.

Ekowisata Eiger Adventure Land akan dibangun di Puncak Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Ekowisata Eiger Adventure Land akan dibangun di Puncak Bogor, Jawa Barat.

"Dari ratusan hektar itu, kami hanya menggunakan 1,75 persen untuk dijadikan lahan terbangun," kata Ronny usai mendampingi Menparekraf di lokasi peletakkan batu pertama, Minggu (17/10/2021)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com