Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2021, 10:00 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comJembatan Gladak Perak yang membentang di jalur lintas selatan antara Kabupaten Malang dan Lumajang hancur diterjang erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021).

"Ada satu jembatan putus akibat terdampak erupsi ini, yakni Jembatan Gladagperak yang menghubungkan antara Lumajang-Malang," ujar Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar, dilansir dari Kompas.com, Sabtu.

Adapun Jembatan Gladak Perak membentang sekitar 100 meter di atas Sungai Besuk Sat, tepatnya di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Baca juga: 6 Fakta Jembatan Gladak Perak Lumajang yang Hancur Diterjang Erupsi Gunung Semeru

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (5/12/2021), jembatan ini biasanya dilalui kendaraan dari Lumajang tujuan Malang Selatan, seperti Kepanjen dan Dampit, begitu pula sebaliknya.

Akibat hancurnya Jembatan Gladak Perak, jalur lintas selatan Lumajang-Malang putus, sehingga lalu lintas dialihkan.

Lalu-lintas dialihkan melalui jalur utara

Saat ini, ada dua rute utama dari Malang ke Lumajang, yakni via Probolinggo atau jalur utara. Rute satunya adalah via jalur lintas selatan (Piket Nol dan Jembatan Gladak Perak).

Dengan terputusnya jalur lintas selatan karena Jembatan Gladak Perak yang hancur, maka jalan utama via jalur lintas selatan tidak bisa dilalui.

Rute Malang-Lumajang via Probolinggo dan Pasuruan.Tangkapan Layar Google Maps Rute Malang-Lumajang via Probolinggo dan Pasuruan.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu pengendara dari arah timur, seperti Lumajang dan Jember yang hendak ke Malang dialihkan via Probolinggo dan Pasuruan.

Sebaliknya, kendaraan dari arah barat, seperti Malang dan Blitar yang hendak menuju Lumajang dan Jember, dialihkan melalui jalur yang sama, yakni via Probolinggo dan Pasuruan.

Baca juga: Liburan ke Lumajang, Mampir ke Jembatan Zaman Belanda Gladak Perak

Sebagai informasi, saat ini Tol Trans Jawa baru sampai daerah Leces, Probolinggo. Bagi pengendara mobil yang ingin menggunakan jalan tol, mereka baru bisa memulai perjalanan dari sana.

Sementara itu, Probolinggo-Lumajang saat ini masih jalan biasa yang rawan kemacetan, terutama saat ada kendaraan besar yang mogok atau macet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com