Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2021, 20:56 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak hanya di dunia nyata, waralaba convenience store Lawson kini hadir di dunia virtual metaverse melalui festival yang diselenggarakan secara virtual bertajuk Virtual Market Winter 2021, pada 4-19 Desember 2021. 

Waralaba tersebut letaknya di salah satu bagian festival, tepatnya di Parareal Akihabara atau versi virtual dari kawasan Akihabara di Tokyo, Jepang.

Melansir Kompas.com, Minggu (11/9/2016), Akihabara adalah pusat penjualan elektronik dan segala aksesori bertema anime Jepang. 

Baca juga:

Sementara metaverse adalah simulasi dunia manusia yang ada di internet. Kompas.com melaporkan, teknologi Augmented Reality (AR) ini memungkinkan interaksi antarindividu secara virtual. 

Lawson virtual ini memiliki tiga area yang menawarkan pengalaman khusus bagi pengunjungnya untuk dapat berinteraksi dengan avatar mereka.

Tak hanya itu, para pengunjung juga bisa membuat kue Natal, menuang kopi, dan menggoreng ayam sendiri secara virtual.

Ilustrasi Parareal Akihabara 2021https://prtimes.jp/main/html/rd/p/000000145.000034617.html Ilustrasi Parareal Akihabara 2021

Pada akhir sesi, para pengunjung akan diberi kupon gratis untuk nantinya ditukar di gerai Lawson di dunia nyata. 

Terdapat 15 produk terbaik Lawson yang bisa dinikmati, salah satunya adalah onigiri (nasi kepal) yang dipajang dengan model dan penjelasan tiga dimensi. 

Menariknya, pengunjung bisa "jalan-jalan virtual" di sekitar Parareal Akihabara sembari menggenggam segelas kopi seperti di dunia nyata. 

Baca juga:

Mengutip Soranews24.com, Lawson virtual tersebut dikelola oleh beberapa virtual YouTuber atau VTuber, di antaranya Ruri Asano, Omega Sisters, dan Aoi Fuji. 

Untuk diketahui, VTuber adalah "figur" di YouTube yang kemunculannya kerap melalui avatar hasil dari grafik komputer atau software penangkap gerak. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com