Kompas.com - 04/12/2021, 14:44 WIB
Ilustrasi fashion item saat liburan. Dok.ShutterstockIlustrasi fashion item saat liburan.

KOMPAS.com - Jelang pergantian tahun, kamu mungkin sudah merencanakan libur dan jalan-jalan dari jauh-jauh hari. Baik transportasi, penginapan, hingga sejumlah tempat wisata telah tersusun rapi dalam wishlist-mu.

Nah, biar liburan akhir tahun tetap aman dan menyenangkan, simak 5 tips penting ini, sebagaimana dikutip dari Reader's Digest, Sabtu (4/12/2021).

1. Cek ketentuan bepergian selama pandemi Covid-19

Di masa pandemi Covid-19 sekarang, tampaknya ini adalah saran terpenting yang harus dilakukan.

Meskipun sudah divaksinasi lengkap, kamu perlu meneliti apa saja syarat bepergian di daerahmu serta ketentuan seputar Covid-19 di kota tujuan. Untuk syarat bepergian akhir tahun selama masa Covid-19 di Indonesia, Kompas.com telah merangkumnya di sini.

Pastikan juga cek tingkat penularan Covid-19 di tempat wisata. Jangan sampai kamu tertular virus, lalu menyebarkannya pada anggota keluarga lain usai bepergian.

2. Unduh aplikasi perjalanan

Ada beragam aplikasi perjalanan yang bisa kamu unduh untuk mempermudah aktivitas di kota tujuanmu.

ILUSTRASI - Aplikasi Hotel Quickly di ponsel pintarDok. Hotel Quickly ILUSTRASI - Aplikasi Hotel Quickly di ponsel pintar

Mulai dari layanan ojek online, layanan pemesanan tiket pesawat dan kereta api, hingga aplikasi rental mobil bisa dipakai untuk mengetahui gambaran rute di kota tersebut.

Baca juga:

3. Kemas barang yang diperlukan

Kemaslah barang yang benar-benar kamu perlukan. Selain hemat bagasi, kamu juga tidak repot mengumpulkan barang bawaan saat mau pulang.

4. Membawa makanan ringan

IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

Liburan tidak akan seru tanpa camilan. Bawalah secukupnya untuk mengganjal perut maupun dimakan saat kamu merasa bosan di perjalanan.

5. Perhatikan cuaca

Ada baiknya kamu memperhatikan perkiraan cuaca sebelum berangkat. Selain untuk persiapan, kamu juga dapat menghindari kemungkinan buruk, seperti badai musiman yang bisa saja terjadi di tempat tujuanmu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.