Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2021, 09:28 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Desa Nglanggeran yang ada di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sukses meraih gelar desa wisata terbaik dunia dari Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO).

Prestasi itu didapat setelah Desa Wisata Nglanggeran masuk dalam daftar UNWTO Best Tourism Village 2021.

1. 44 desa wisata masuk UNWTO Best Tourism Village 2021

Adapun terdapat 44 desa wisata di seluruh dunia dalam daftar UNWTO Best Tourism Village 2021. Nglanggeran pun bersanding dengan 43 desa wisata lain di seluruh dunia, seperti Caspala (Argentina), Castelo Rodrigo (Portugal), dan Batu Puteh (Malaysia).

Baca juga: Nglanggeran Sukses Wakili Indonesia dalam Daftar Desa Wisata Terbaik UNWTO 2021

Sebanyak 44 desa wisata dari 32 negara itu kian diunggulkan karena memiliki kekayaan alam dan budaya.

Masyarakatnya pun senantiasa berkomitmen dan berinovasi dalam pengembagan pariwisata, sehingga sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

2. Seputar UNWTO Best Tourism Village

UNWTO Best Tourism Village merupakan ajang desa wisata terbaik dunia yang diselenggarakan atas inisiatif UNWTO.

Baca juga: Nglanggeran Masuk Daftar Best Tourism Villages UNWTO Diharapkan Menginspirasi Desa Wisata Lain

Ajang ini bertujuan untuk memajukan peran pariwisata dalam menjaga desa-desa, termasuk bentang alam, keanekaragaman budaya, nilai dan aktivitas lokal, serta kesenian lokal desa.

3. Indonesia kirim 3 perwakilan desa wisata

Sebelumnya, Kompas.com, Rabu (3/11/2021) memberitakan bahwa Indonesia mengirimkan tiga perwakilan desa wisata untuk mengikuti ajang UNWTO Best Tourism Village 2021.

Kawasan Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, YogyakartaKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta

Selain Nglanggeran, dua desa wisata lainnya adalah Tetebatu di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Desa Wae Rebo di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

4. Keunikan Desa Wisata Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran memiliki banyak tempat wisata. Beberapa di antaranya adalah gunung api purba, embung, dan Air Terjun Kedung Kandang.

Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul.

Ada pula aktivitas menarik yang bisa dilakukan, seperti belajar seputar pengolahan cokelat, susu kambing etawa, sampai menyaksikan seni budaya.

Baca juga: Ke Nglanggeran, Jangan Lupa Mampir ke Air Terjun Kedung Kandang

Wisatawan pun bisa berkemah di Nglanggeran jika ingin merasakan suasana alam. Menginap di Nglanggeran pun bisa dilakukan dengan menyewa sejumlah homestay uang disediakan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com