Kompas.com - 08/02/2022, 08:17 WIB

KOMPAS.com - Australia berencana menerima wisatawan asing dan wisatawan pebisnis yang bervaksin Covid-19 penuh mulai Senin (21/2/2022).

"Australia akan membuka kembali (pintu) untuk pemegang visa yang bervaksin penuh, (sekaligus) menyambut kembali kembalinya wisatawan asing, wisatawan pebisnis, dan pengunjung lainnya mulai 21 Februari," tulis keterangan resmi dari pemerintah Australia, dikutip dari laman resminya, Selasa (8/2/2022).

Menurut keterangan tersebut, pemegang visa, yang belum memperoleh vaksinasi Covid-19 dosis penuh, tetap membutuhkan dokumen tambahan yang valid agar bisa masuk Australia dengan travel exemption.

Selain itu, mereka juga wajib menjalani karantina. 

Sebagaimana dikutip apnews.com, Selasa, Menteri Dalam Negeri Australia, Karen Andrews, menjelaskan bahwa wisatawan yang memiliki bukti medis berisi alasan kenapa mereka tidak bisa divaksinasi dapat membuat permohonan untuk travel exemption.

Baca juga:

Adapun peraturan perbatasan yang paling ketat diterapkan di wilayah Australia Barat.

Wilayah tersebut hanya mengizinkan 265 kedatangan internasional setiap minggu, serta memberlakukan karantina selama 14 hari. 

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengatakan bahwa pihaknya berencana membuka perbatasan internasional sebelum Paskah yang akan jatuh pada April 2022, sebagaimana dilansir Kompas.com, Jumat (4/2/2022).

Pada November 2021, Australia melonggarkan sejumlah aturan perbatasan seiring dengan naiknya tingkat vaksinasi penduduk setempat.

Pada saat itu, pelajar internasional dan pekerja migran diprioritaskan untuk masuk ke negara tersebut.

Sejak adanya pelonggaran itu, dikutip dari laporan pemerintah Australia, tercatat ada hampir 580.000 jumlah kedatangan ke negara tersebut. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber APnews
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.