Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 26/10/2021, 21:50 WIB
Silvita Agmasari,
Ni Luh Made Pertiwi F

Tim Redaksi

GOLD COAST, KOMPAS.com - Melihat tampilan Vegemite mungkin tak ada yang istimewa.

Toplesnya bewarna kuning dengan logo bewarna merah, selainya sendiri bewarna cokelat kehitaman. Sepintas, tampak seperti selai cokelat.

Namun Vegemite bukan sembarang selai, hanya sedikit orang non-Australia yang gemar menyantap Vegemite. Padahal selai ini biasa menjadi teman sarapan orang Australia.

Baca juga: Australia Juga Punya Festival Tani dan Ternak

"Pertama makan Vegemite, saya oles tebal-tebal di roti. Pas makan ekspresi muka saya langsung berubah, sampai ditertawakan orang Australia," cerita Market Manager Tourism and Events Queensland, Tjoa Su Yen saat media trip bersama Golden Rama Tours & Travel di Gold Coast, Jumat (21/4/2017).

Rasa Vegemite

Biasanya, orang yang kali pertama menyantap Vegemite akan mengeluarkan ekspresi wajah yang aneh.

Tak hanya Su Yen, saya sendiri mengalami hal ini. Rasa Vegemite terbilang "ajaib". Rasanya didominasi rasa pahit dan asin. Ada bau yang cukup aneh ketika Vegemite berada di rongga mulut.

Rasa "aneh" tersebut muncul, karena Vegemite sebenarnya bukan selai buah pada umumnya. Vegemite adalah selai yang dibuat dari brewer yeast (sejenis ragi).

Sejarah Vegemite

Adalah perusahaan Fred Walker Company mempekerjakan ilmuwan muda untuk menciptakan selai sehat. Perusahaan ini nantinya berubah nama menjadi Kraft Food Company pada tahun 1922.

Tahun 1923, nama Vegemite dipilih dan dijual di seluruh Australia. Dengan iming-iming pemasaran yang menyebutkan bahwa Vegemite itu, "Nikmat untuk disantap bersama roti lapis dan roti panggang, meningkatkan rasa sup, rebusan, dan saus".

Isi dalam selai Vegemite.Kompas.com/Silvita Agmasari Isi dalam selai Vegemite.

Khasiat Vegemite diakui oleh ahli medis dan kesehatan bayi pada tahun 1939, direkomendasikan sebagai sumber vitamin B yang baik untuk tubuh.

Vegemite bahkan dijadikan ransum makanan para tentara di Perang Dunia kedua. Sejarah tersebut dicantumkan di situs resmi Vegemite.

Baca juga: Siap-siap Ngiler, Ini Beragam Hidangan Khas Australia

Kalau kamu ingin menjajal Vegemite, agar tak terkejut dengan rasanya, Su Yen menyarankan untuk memoleskan Vegemite tipis-tipis di atas roti panggang. Namun, baiknya roti panggang sebelumnya telah dioleskan mentega.

Saran lain dari seorang warga lokal Australia adalah dengan makan Vegemite bersama pisang. Harga Vegemite untuk ukuran toples sedang dihargai lima dollar Australia atau setara Rp 50.000. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com