Kompas.com - 01/03/2022, 06:06 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, viral video berdurasi 30 detik yang menunjukkan sekelompok orang sedang melakukan ritual di Pantai Watu Ulo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com pada Sabtu (26/2/2022), dalam video yang diambil dari tepi pantai tersebut, terlihat warga berbaris di Pantai Watu Ulo, sembari menengadahkan tangan menghadap pantai selatan.

Terlepas dari adanya ritual tersebut, Pantai Watu Ulo memang unik karena memiliki batu besar yang memanjang dari pantai ke lautan seolah mirip ular raksasa.

Baca juga: 5 Fakta Pantai Payangan Jember, Punya Bukit-bukit Kecil di Tepi Laut

Melansir Kompas.com, Senin (11/2/2019), panjang batu ini yang terlihat adalah sekitar 110 meter dengan lebar lebih kurang 4 meter.

Batu memanjang inilah yang menjadi asal penamaan Watu Ulo. Watu Ulo terdiri dari dua kata dari bahasa Jawa, yaitu watu berarti batu dan ulo yang berarti ular. Bila digabungkan, arti nama pantai ini adalah Batu Ular.

Legenda Pantai Watu Ulo Jember

Konon katanya, batu tersebut adalah bagian tubuh dari seekor naga jahat bernama Nogo Rojo (Naga Raja).

Ular besar dan rakus ini bahkan memangsa makhluk laut dan penduduk sekitar. Hingga akhirnya, sang ular pun dikalahkan oleh seseorang bernama Joko Mursodo.

Tubuh ular Nogo Rojo dipotong menjadi tiga bagian. Kepalanya terlempar ke daerah Pantai Grajagan Banyuwangi, tubuh nya ada di Pantai Watu Ulo, Jember, dan ekornya ada di Pacitan.

Lalu, siapa sebenarnya Joko Mursodo ini?

Menurut legenda, pada zaman dahulu hiduplah sepasang suami istri yang tidak memiliki anak. Singkat cerita, keduanya pun bertemu dengan Joko Mursodo yang saat itu masih kecil dan sedang melarikan diri dari Banyuwangi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.