Kompas.com - 26/04/2022, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Sebagian masyarakat Indonesia memilih mudik menggunakan sepeda motor pada Lebaran 2022. 

Mengutip Kompas.com, (19/4/2022), hasil survei Badan Litbang (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan pemudik menggunakan sepeda motor mencapai 17 juta orang. 

Jika kamu berencana mudik menggunakan sepeda motor, jangan lupa untuk beristirahat ketika merasa lelah. Jadi, perjalanan kamu tetap aman dan nyaman hingga sampai di kampung halaman dengan selamat. 

Baca juga: Tips Istirahat di Rest Area Saat Mudik, Jangan Tidur di Mobil

Baca juga: Kapan Pengendara Motor Wajib Istirahat Saat Mudik? Ini Jawabannya

Head Of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati Agus Sani membagikan sejumlah tips agar istirahat optimal saat mudik naik motor kepada Kompas.com sebagai berikut:

1. Istirahat setelah maksimal 2,5 jam berkendara 

Agus mengatakan, pemudik yang menggunakan sepeda motor sebaiknya beristirahat setelah berkendara selama maksimal 2,5 jam. 

“Dalam melakukan perjalanan dengan motor sebaiknya pengendara istirahat setelah mencapai waktu perjalanan 2 hingga 2,5 jam,” ujarnya kepada Kompas.com (25/4/2022).

Situasi jelang Lebaran 2021 tepatnya di Jalur Raya Pantura, Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat pada Senin (10/5/2021) malam terlihat pemudik semakin membludak. KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Situasi jelang Lebaran 2021 tepatnya di Jalur Raya Pantura, Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat pada Senin (10/5/2021) malam terlihat pemudik semakin membludak.

Sebab, setelah menempuh perjalanan selama 2 sampai 2,5 jam tubuh sudah lelah. Meskipun kondisi tubuh orang berbeda-beda, ia tetap menyarankan pengendara untuk beristirahat jika sudah menempuh perjalanan motor selama 2,5 jam. 

Jika pengendara memaksakan diri untuk meneruskan perjalanan dalam kondisi lelah maka konsentrasi dan fokus bisa turun. Alih-alih cepat sampai tujuan, hal tersebut justru dapat membahayakan keselamatan diri.

“Saat kita mencapai waktu tersebut kondisi tubuh telah lelah, dan membutuhkan istirahat agar tubuh kembali fit dan optimal,” imbuhnya.

2. Istirahat minimal 15 menit

Selanjutnya, durasi agar istirahat optimal adalah minimal 15 menit. Jika tidak puasa, Agus menganjurkan pemudik untuk minum air mineral agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi).

Pemudik motor melewati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)Otomania/Setyo Adi Pemudik motor melewati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.