Jalan Utama Nontol Jawa Timur Magetan-Probolinggo yang Harus Diwaspadai Pemudik

Kompas.com - 30/04/2022, 09:09 WIB

KOMPAS.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Senin (2/1/2022), masyarakat mulai berbondong-bondong mudik ke kampung halaman.

Kompas.com, Rabu (24/4/2022) memberitakan bahwa diprediksi terdapat puluhan juta kendaraan pribadi yang akan mudik dari Jakarta ke arah timur.

“Diprediksi kurang lebih ada 23 juta kendaraan roda empat pribadi dan 17 juta kendaraan roda dua yang akan mengarah ke wilayah timur,” kata Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Rabu.

Baca juga: Kondisi Jalan Utama Nontol Jawa Timur Magetan-Lumajang Saat Mudik 2022

Adapun saat ini memang ada Tol Trans Jawa yang membentang sampai Probolinggo, Jawa Timur. Namun, bukan berarti jalan utama nontol tidak dilewati pemudik. Sebagian masyarakat, terutama pengendara sepeda motor masih akan melaluinya.

Kompas.com sempat menjajal jalur mudik dari Kota Solo-Lumajang via Magetan-Madiun-Nganjuk-Jombang-Mojokerto-Pasuruan-Porbolinggo pada Rabu (27/4/2022).

Jalan utama nontol Magetan-Probolinggo yang harus diwaspadai

Berikut Kompas.com rangkum ruas jalan utama nontol Jawa Timur dari Magetan sampai Probolinggo yang harus diwaspadai pemudik.

1. Ruas jalan Caruban-Nganjuk

Usai Caruban, pemudik harus mewaspadai jalan yang akan dilaluinya. Itu karena jalan menyempit dari empat ruas menjadi dua ruas.

Jalan menyempit usai Caruban, Jawa Timur, April 2022.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jalan menyempit usai Caruban, Jawa Timur, April 2022.

Pemudik pun tidak bisa terlalu leluasa saat hendak menyalip kendaraan yang melaju di depannya. Mereka harus menyalip melalui sisi berlawanan.

Baca juga: 13 Pantai dengan Sunset Terindah di Jawa Timur

Pastikan kondisi sisi berlawanan sedang sepi saat menyalip. Pastikan pula menyalip di jalan dengan marka putus-putus, bukan di marka lurus.

2. Ruas jalan lingkar Jombang

Saat melintasi Kota Jombang, kendaraan yang hanya melintas akan diarahkan melewati jalan lingkar, termasuk bus dan truk besar.

Baca juga: Rute dan Harga Tiket Masuk Wana Wisata Sumber Biru Jombang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.