Kompas.com - 29/03/2022, 18:04 WIB

KOMPAS.com-Panorama matahari terbenam (sunset) menjadi salah satu incaran wisatawan yang berlibur ke pantai. 

Sejumlah pantai dengan panorama sunset terindah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sebut saja, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Pacitan, Malang, Tulungagung, Bali, dan Belitung.

Berikut adalah 13 pantai dengan panorama sunset terindah di Jawa Timur.

Baca juga: 10 Wisata Alam Malang, Surga Tersembunyi di Jawa Timur

1. Pantai Klayar

Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, memiliki deretan pantai yang bisa dikunjungi saat liburan. Salah satu pantai di Pacitan yang populer adalah Pantai Klayar.

Pantai Klayar mempunyai ciri khas air laut biru, pasir putih, seruling samudera, dan Sphinx van Java, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (30/1/2020). Seruling Samudera adalah sebuah lubang atau celah batu karang yang dapat menyemburkan air laut pada waktu tertentu.

Tinggi semburan air laut dari celah batu karang itu bisa mencapai tujuh meter jika ombak besar menerjang. Saat ombak datang, celah tersebut akan menghasilkan suara seperti seruling yang diiringi dengan bunyi semburan air, sehingga dinamai Seruling Samudera.

Tepat di belakangnya, berdiri formasi batuan karang yang mirip sphinx, atau makhluk mitos asal Mesir yang bertubuh singa berkepala manusia. Batuan karang itu dijuluki Sphinx van Java.

Perpaduan laut biru, pasir putih, dan batuan karang raksasa menghasilkan panorama sunset yang unik di Pantai Klayar. Lokasinya berada di Dusun Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Pesona Pantai Klayar, Seruling Samudra hingga Sphinx van Java

2. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo, Pacitan dengan air terjun yang langsung ke pantai.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pantai Banyu Tibo, Pacitan dengan air terjun yang langsung ke pantai.

Nama Pantai Banyu Tibo mungkin sudah akrab di telinga wisawatan, sebab pantai ini memiliki daya tarik berupa air terjun yang mengarah langsung ke pantai, dilansir dari Kompas.com pada Selasa (18/12/2018).

Lokasi air terjun itu bersebelahan dengan bukit karang. Pemandangan matahari terbenam akan tampak dari balik bukit karang itu, serta berpadu dengan aliran air terjun.

Pantai Banyu Tibo secara administratif terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Menjelajah Banyu Tibo, Pantai dengan Air Terjun Tepi Laut di Pacitan

3. Pantai Watu Karung

Peselancar dari sejumlah negara menjajal ketangguhan berselancar di Pantai Watu Karung, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sekitar 25 kilometer dari Kota Pacitan, 22 Oktober 2016. Ketinggian ombak di sana bisa mencapai 5 meter. Peselancar asing umumnya tinggal di rumah warga minimal sepekan. KOMPAS/AGNES SWETTA PANDIA Peselancar dari sejumlah negara menjajal ketangguhan berselancar di Pantai Watu Karung, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sekitar 25 kilometer dari Kota Pacitan, 22 Oktober 2016. Ketinggian ombak di sana bisa mencapai 5 meter. Peselancar asing umumnya tinggal di rumah warga minimal sepekan.

Sesuai namanya, pantai ini mempunyai banyak batuan karang.

Sebagaimana dilaporkan Kompas.com pada Selasa (6/12/2016), terdapat batu karang yang dikenal sebagai Putri Samudera karena menyerupai wajah seorang perempuan yang menghadap ke laut. Namun, jika dilihat dari sisi lain, bentuknya seperti kura-kura.

Keistimewaan Pantai Watu Karung lainnya adalah ombak yang tingginya mencapai lima meter. Oleh sebab itu, obyek wisata ini juga menjadi incaran peselancar baik nasional maupun internasional.

Lokasi ini cocok dikunjungi oleh para pemburu sunset, dengan paduan deburan ombak tinggi dan jajaran batu karang. Lokasinya berada di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Menantang Gulungan Ombak Watu Karung

4. Pantai Buyutan

Keindahan Pantai Buyutan dilihat dari tebing sebelah timur.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keindahan Pantai Buyutan dilihat dari tebing sebelah timur.

Pantai Buyutan adalah pantai yang tidak boleh dilewatkan ketika menjelajahi pesisir Pacitan.

Berdasarkan Kompas.com, Kamis (13/12/2018), Pantai Buyutan terlihat unik dari ketinggian. Garis pantai pasir putih memanjang berpadu dengan warna air laut, serta perbukitan hijau.

Tempat terbaik untuk menikmati daya tarik Pantai Buyutan dari ketinggian adalah di kawasan tebing sebelah timur sebelum jalan turun. Spot ini menjadi tempat foto favorit pengunjung.

Salah satu keunikan di Pantai Buyutan adalah adanya gugusan batu karang di area lepas pantainya. Karang itu pun memiliki namanya masing-masing, yakni Watu Bale, Watu Pasar, Watu Kerun, Watu Kenong, dan Watu Narada.

Pemandangan pantai dari ketinggian yang berpadu dengan gugusan batu karang menghasilkan panorama sunset tersendiri di Pantai Buyutan. Lokasinya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. 

Baca juga: Rute ke Pantai Watu Ulo Jember, 1 Jam dari Pusat Kota

5. Pantai Ngliyep

Kabupaten Malang memiliki sejumlah pantai yang memiliki pemandangan sunset yang tak kalah unik dengan Kabupaten Pacitan. Salah satunya adalah Pantai Ngliyep.

Dikutip dari Tribun Jatim, Minggu (25/11/2018), spot terbaik untuk menikmati panorama matahari terbenam di Pantai Ngliyep adalah dari atas bukit di sekitar pantai. Dari lokasi itu, wisatawan bisa melihat Samudera Hindia.

Selain di atas bukit, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset dari tepi pantai berpasir putih.

Lokasi Pantai Ngliyep berada di di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Baca juga: 10 Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Kota Malang

6. Pantai Watu Leter

Ilustrasi pantai - Pantai Watu Leter di Malang Selatan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pantai - Pantai Watu Leter di Malang Selatan.

Pantai Watu Leter memiliki beberapa batu karang kecil di tepi pantai, sehingga menambah daya tariknya, seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (19/2/2022). 

Pantai Watu Leter juga merupakan habitat penyu abu-abu. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat penyu-penyu bertelur di pantai ini. 

Tak jauh dari lokasi pantai, terdapat hutan bakau dan muara Sungai Sitiarjo yang bisa disusuri dengan menyewa perahu.

Pantai Watu Leter berlokasi di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Baca juga: 13 Wisata Pantai di Malang, Ada yang Mirip Bali dan Raja Ampat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.