Menjelajah Banyu Tibo, Pantai dengan Air Terjun Tepi Laut di Pacitan

Kompas.com - 18/12/2018, 18:04 WIB
Keunikan Pantai Banyu Tibo dengan Air Terjunnya di Tepi LautKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keunikan Pantai Banyu Tibo dengan Air Terjunnya di Tepi Laut

PACITAN, KOMPAS.com – Air terjun atau pantai, dua obyek wisata itu kerap dikunjungi wisatawan ketika hari libur. Tidak jarang pula wisatawan harus memilih salah satu, mau ke pantai atau ke air terjun.

Namun di pesisir Kabupaten Pacitan, wisatawan bisa mengunjungi air terjun dan pantai sekaligus dalam satu waktu. Destinasi itu ada di Pantai Banyu Tibo yang berarti Pantai Air Terjun.

Pantai dengan air terjun ini secara administratif terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jarak dari Pusat Kota Pacitan adalah sekitar 32,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Jika ditempuh dari Kota Surakarta atau Yogyakarta, jarak menuju Pantai Banyu Tibo kurang-lebih sekitar 100 kilometer dengan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan.

Rute termudah dari Pacitan adalah dari Perempatan Pasar Kalak ke arah barat. Sementara jika dari Surakarta atau Yogyakarta adalah melalui Kecamatan Pracimantoro ke arah timur yang merupakan jalan utama menuju Pacitan.

Sesampainya Perempatan Giribelah, perjalanan dilanjutkan ke arah selatan menuju Kecamatan Paranggupito. Ikuti arah menuju Pantai Nampu. Menjelang sampai Pantai Nampu, ambil percabangan ke arah timur.

Pos retribusi nantinya ada di samping jalan utama Nampu-Kalak. Di sini, pengunjung harus membayar Rp 10.000 per orang. Setelah itu perjalanan dilanjutkan di jalan desa yang lebih sempit.

Kesegaran air terjun tepi laut

Jika berkunjung ketika hari libur atau akhir pekan, kemungkinan ada banyak kendaraan di area parkir, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga elf. Itu menunjukkan banyak orang yang mengunjungi Pantai Banyu Tibo ketika hari libur.

Lokasi air terjun tidak jauh dari area parkir. Untuk sampai ke sana, hanya perlu berjalan sejenak ke sisi timur dan menyeberangi sungai kecil yang merupakan sumber air terjun.

Nantinya pengunjung harus menuruni tangga dari kayu untuk mencapai lokasi air terjun. Begitu sampai bawah, kesegaran air terjun akan berpadu dengan lembutnya pasir putih di pantai ini.

Pantai Banyu Tibo, Pacitan dengan air terjun yang langsung ke pantai.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pantai Banyu Tibo, Pacitan dengan air terjun yang langsung ke pantai.
Tentunya menikmati segarnya air terjun dan lembutnya pasir putih pantai merupakan hal yang langka. Itulah menjadi salah satu keunikan Pantai Banyu Tibo yang hanya ada di Pacitan ini.

Namun, hanya ada satu air terjun yang mengalir ke pantai sehingga pengunjung harus mengantre untuk bisa menikmatinya. Hendaknya juga tidak terlalu lama mandi di air terjun jika pengunjung yang lain tengah menunggu.

Mandi di bawah guyuran air terjun bukan satu-satunya aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Banyu Tibo ini. Pengunjung juga bisa bermain air laut yang rasanya tidak kalah menyegarkan dengan air terjun.

Air yang terjun ke pantai pun tawar sehingga bisa digunakan pengunjung untuk membilas tubuh setelah puas bermain air laut dan pasir putih. Namun hendaknya tetap membersihkan diri di kamar mandi agar lebih bersih lagi.

Wisatawan juga bisa datang ke sini untuk sekadar menikmati panorama atau suasana. Terdapat kawasan tebing yang ada di sebelah barat. Dari sini pengunjung bisa menyaksikan ombak yang saling berkejaran dan akhirnya membentur karang.

Fasilitas penunjang wisata juga sudah cukup lengkap di pantai kedua paling barat Kabupaten Pacitan ini. Selain area parkir, telah tersedia toilet, kamar mandi, mushalla, dan warung makan di kawasan Pantai Banyu Tibo ini.



Close Ads X