Kompas.com - 18/06/2022, 13:31 WIB

LARANTUKA, KOMPAS.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan pelatihan untuk 50 pemandu wisata budaya selama tiga hari, sejak Rabu 15 Juni 2022 sampai 17 Juni 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Lewokluok, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Kepala Disparbud Flores Timur Petrus Pemang Liku mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang berkompeten.

Baca juga: Mengejar Matahari Terbit di Pantai Waiwuring Flores Timur

“Sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas Pemkab Flores Timur selain pendidikan dan kesehatan. Kita sedang kembangkan pariwisata berbasis masyarakat, salah satunya melalui kegiatan pelatihan pemandu wisata,” kata Petrus kepada Kompas.com, Jumat (17/6/2022).

Ia melanjutkan bahwa geliat pariwisata yang makin berkembang harus diimbangi dengan kecakapan SDM pelaku wisata yang mumpuni.

Terlebih, pemerintah pusat telah menetapkan Labuan Bajo sebagai kawasan destinasi wisata super premium di NTT.

Foto: Para peserta sedang mengikuti pelatihan menjadi pemandu wisata budaya di Desa Lewokluok, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur, Jumat (17/6/2022).Serafinus Sandi Hayon Jehadu/Kompas.com. Foto: Para peserta sedang mengikuti pelatihan menjadi pemandu wisata budaya di Desa Lewokluok, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur, Jumat (17/6/2022).

Karena itu Petrus berkeyakinan bahwa pariwisata Labuan Bajo akan berdampak ke sejumlah daerah, termasuk Flores Timur.

“Suatu saat pasti akan menjalar sampai ke sini. Untuk itu, kita mesti menyiapkan SDM kita sedini mungkin,” ujarnya.

Baca juga: Wai Nape di Flores Timur Jadi Tempat Wisata, Mata Air yang Tak Pernah Kering

Ia berharap, para pemandu wisata mendukung niat baik pemerintah dan saling bersinergi membangun industri pariwisata di Flores Timur.

"Harapkannya setelah mereka pulang, potensi wisata yang ada di masing-masing wilayah bisa digarap secara baik," pintanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.